Rijalul Hilmi, Hilmi (2024) PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP RECTANGULAR PATCH INSET FEED LINE MENGGUNAKAN METODE PEMOTONGAN SUBSTRATE DAN DEFECTED GROUND STRUCTURE UNTUK APLIKASI WI-FI 6E. Other thesis, Universitas andalas.
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf Download (442kB) |
|
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
|
Text (bab v kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (315kB) |
|
Text (daftar pustak)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
|
Text (TA fulltext)
Tugas_Akhir_fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang compact Rectangular microstrip antenna yang dapat bekerja pada frekuensi Wifi 6E yaitu pada rentang frekuensi kerja 5.925 – 7.125 GHz. Antenna mikrostrip ini menggunakan substrate FR4 (Epoxy) yang memiliki nilai konstanta dielektrik 4.4 dan ketebalan 1.6mm. Kelemahan antena mikrostrip adalah pada Bandwidth yang sempit. Oleh karena itu, metode Defected Ground Structure dan pemotongan substrate dengan pencatuan Inset Feed digunakan untuk meningkatkan Bandwidth. Antena di rancang dan disimulasikan menggunakan software Ansoft HFSS versi 13.0. Rancangan antena akhir memiliki dimensi 22.5mm x 10mm. Penerapan Inset Feed, pemotongan substrate dan Defected Ground Structure mampu menghasilkan antena yang bekerja optimal pada rentang frekuensi 4.397 – 8.797 GHz dan Bandwidth 4.399 GHz, VSWR minimum adalah 1.473, dan Gain maximum adalah 4.3089 dBi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D. |
Uncontrolled Keywords: | Antena Mikrostrip, Wifi 6E, Peningkatan Bandwidth, Pemotongan Substrate, Defected Ground Structure |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Elektro |
Depositing User: | S1 Teknik Elektro |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 04:48 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 04:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/473888 |
Actions (login required)
View Item |