EFEK Curcuma sumatrana TERHADAP HISTOPATOLOGI DAN KADAR MALONDIALDEHID HATI MENCIT PUTIH YANG DIBERI DIET BERLEMAK TINGGI

Nurul, Annisa (2024) EFEK Curcuma sumatrana TERHADAP HISTOPATOLOGI DAN KADAR MALONDIALDEHID HATI MENCIT PUTIH YANG DIBERI DIET BERLEMAK TINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dalam jumlah yang berlebihan dapat mengakibatkan berbagai penyakit metabolisme, salah satunya adalah penyakit perlemakan hati atau Non alcoholic fatty liver disease (NAFLD). Penyakit perlemakan hati merupakan penyakit metabolik yang kompleks dan berkembang di hati, yang terjadi karena penyerapan asam lemak dan metabolisme yang tidak seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa ekstrak etanol rimpang C. sumatrana mampu memperbaiki histopatologi hati dengan menurunkan degenerasi sel, steatosis, luas vena sentralis, konsentrasi malondialdehid (MDA) dan kadar enzim serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT) mencit yang diberi diet berlemak tinggi. Penelitian ini telah dilakukan secara eksperimen dari bulan April sampai Juli 2024 menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan dan lima pengulangan yaitu kontrol negatif (diberi pakan normal), kontrol positif (diberi pakan berlemak tinggi), dan kelompok yang diberikan pakan berlemak tinggi dan ekstrak C. sumatrana 100, 200, 400 mg/kgBB selama 28 hari secara oral. Pakan berlemak tinggi adalah campuran dari pakan komersial Citraveed Vital Rabbit® dengan lemak (Anchor® unsalted butter) dan gula (sukrosa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak pada dosis 400 mg/kgBB mampu secara signifikan memperbaiki histopatologi hati dengan menurunkan degenerasi sel, steatosis, dan luas vena sentralis mencit yang diberi diet berlemak tinggi. Dan pada dosis 400 mg/kgBB mampu secara signifikan menurunkan kadar MDA dan SGPT mencit yang diberi diet berlemak tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa ekstrak C. sumatrana memiliki khasiat dalam memperbaiki perubahan histopatologi hati akibat pemberian diet berlemak tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kurniadi Ilham, M.Si
Uncontrolled Keywords: Curcuma sumatrana, Degenerasi Sel, Malondialdehid, Non Alcoholic Fatty Liver Disease, Pakan Berlemak Tinggi, Serum Glutamic Pyruvic Transaminase.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:04
Last Modified: 13 Aug 2024 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/473546

Actions (login required)

View Item View Item