PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA JEPANG (Cnidoscolus aconitifolius) YANG DIEKSTRAKSI DENGAN BEBERAPA JENIS PELARUT DAN PEMBERIAN KONSENTRASI SEBAGAI BIOSTIMULAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG (Zea Mays L.)

Fepi, Dwi Marta (2024) PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA JEPANG (Cnidoscolus aconitifolius) YANG DIEKSTRAKSI DENGAN BEBERAPA JENIS PELARUT DAN PEMBERIAN KONSENTRASI SEBAGAI BIOSTIMULAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG (Zea Mays L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh ekstrak daun pepaya jepang (Cnidoscolus aconitifolius) yang diekstraksi dengan beberapa jenis pelarut dan pemberian konsentrasi sebagai biostimulan terhadap pertumbuhan dan hasil jagung (Zea mays L.) telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 sampai Januari 2024 di Laboratorium Teaching 4 dan Rumah Kaca, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pelarut yang paling efektif dalam mengekstrak daun pepaya jepang sebagai biostimulan, untuk mengetahui konsentrasi terbaik ekstrak daun pepaya jepang sebagai biostimulan dan untuk mengetahui interaksi antara jenis pelarut dan konsentrasi ekstrak daun pepaya jepang sebagai biostimulan dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil jagung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah jenis pelarut dengan 4 taraf perlakuan. Faktor kedua adalah konsentrasi ekstrak dengan 4 taraf perlakuan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun pepaya jepang yang diekstraksi dengan pelarut etanol efektif dalam meningkatkan pertumbuhan jagung dan ekstrak daun pepaya jepang yang diekstraksi dengan pelarut metanol efektif dalam meningkatkan hasil jagung. Hasil penelitian menunjukkan pemberian konsentrasi 25 mg/L ekstrak daun pepaya jepang merupakan konsentrasi paling baik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil jagung. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa interaksi terbaik antara pemberian konsentrasi ekstrak daun pepaya jepang yang diekstraksi dengan beberapa jenis pelarut yaitu pemberian konsentrasi 50 mg/L ekstrak daun pepaya jepang yang diekstraksi dengan pelarut etanol mampu meningkatkan berat basah tajuk, berat kering tajuk, berat 100 butir biji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Suwirmen, MS
Uncontrolled Keywords: Biostimulan, Ekstrak Pepaya Jepang, Jagung, Konsentrasi, Pelarut.
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:55
Last Modified: 12 Aug 2024 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/473407

Actions (login required)

View Item View Item