Studi Pengaruh Peningkatan Kapasitas Dan Penempatan Photovoltaic Terhadap Rugi Daya, Profil Tegangan Dengan Mempertimbangkan Thdv

Rudiat, Harri Sukma (2019) Studi Pengaruh Peningkatan Kapasitas Dan Penempatan Photovoltaic Terhadap Rugi Daya, Profil Tegangan Dengan Mempertimbangkan Thdv. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaplikasian Photovoltaic (PV) merupakan salah satu solusi dari permintaan energi listrik yang semakin meningkat. Namun, pengaplikasian photovoltaic (PV) haruslah pada lokasi yang tepat dengan kapasitas yang tepat agar rugi daya yang ingin dikurangi besar dan profil tegangannya baik. Photovoltaic (PV) membangkitkan tegangan DC yang selanjutnya diperlukan inverter untuk merubahnya menjadi AC. Inverter merupakan beban non linier yang akan menghasilkan harmonisa. Harmonisa pada suatu sistem tenaga listrik dapat diketahui dari Total Harmonic Distortion (THD). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lokasi optimal penempatan (PV) dan kapasitas maksimumnya agar pengurangan rugi daya lebih besar, profil tegangan baik dan THD yang dihasilkan sesuai standar yang diizinkan. Metode yang digunakan untuk penentuan lokasi optimal photovoltaic (PV) pada penelitian ini adalah Loss Sensitivity Factor (LSF) dan Voltage Sensitivity Index (VSI). ETAP 16 digunakan sebagai media simulasi aliran daya dan simulasi harmonisanya. Lokasi penelitian ini adalah feeder Wahidin jaringan distribusi 20 kV Gardu Induk GIS Simpang Haru. Dari penelitian ini didapatkan penempatan photovoltaic (PV) paling optimal pada bus 10 (bus 283 T) dengan kapasitas maksimumnya sebesar 3255 kVA yang memberikan rugi daya paling minimal dan profil tegangan baik dengan mempertimbangkan THDv yang sesuai standar yang diizinkan. Kata Kunci : Photovoltaic, Rugi Daya, Profil Tegangan, Total Harmonic Distorsion (THD), Loss Sensitivity Factor (LSF), Voltage Sensitivity Index (VSI)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. H. Syukri Yunus, M.Sc
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 23 Jul 2019 09:53
Last Modified: 23 Jul 2019 09:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47229

Actions (login required)

View Item View Item