KATEGORI DAN PROSES PENYEMBUHAN DALAM PENGOBATAN TRADISIONAL Studi Kasus: Nagari Simanau Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok

Putri, Cendana Sari (2019) KATEGORI DAN PROSES PENYEMBUHAN DALAM PENGOBATAN TRADISIONAL Studi Kasus: Nagari Simanau Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER & abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi Full WTR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

INTISARI Putri Cendana Sari, 1410821003, Penyakit Kampung: Kategori dan Proses Penyembuhan dalam Pengobatan Tradisional, Studi Kasus: Nagari Simanau Kecamatan Tigo Koto Kabupaten Solok. Skripsi Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Antropologi Universitas Andalas. Pembimbing 1: Dr. Syahrizal M.Si. Pembimbing 2: Dr. Sri Setiawati M.A. Foster dan Anderson menjelaskan bentuk kategori penyakit berdasarkan konsep naturalistik dan personalistik agar memudahkan indentifikasi penyakit yang terdapat diberbagai penjuru dunia salah satunya di Indonesia, heterogen budaya yang ada di Indonesia sangat berperngaruh terhadap 7 unsur budaya yang memperngaruhi manusia tersebut. Sistem pengetahuan yang berkembang sejalan dengan kondisi alam yang berbeda, menciptakan segala pengetahuan, khususnya pengetahuan tentang kesehatan, dimana sakit dan penyakit tidak terlepas dari hal tersebut. Nagari Simanau merupakan salah satu nagari yang terdapat di Kabupaten Solok memiliki bentuk pengetahuan penyakit, kategori penyakit dan pengobatan tradisional yang ada di Nagari dengan pematang sawah yang indah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dan observasi, kemudian wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Untuk pemilihan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan informan secara sengaja dimana informan dipilih berdasarkan kriteria tertentu untuk menjadikan informan kunci maupun biasa. Dari hasil penelitian ditemukan pengertian sakit menurut dukun dan masyarakat lalu kategori penyakit dari dukun tersebut yang disebut penyakit badan dan penyakit parasaian. Peneliti juga menjelaskan bagaimana bentuk pengobatan tradisional menggunakan ayam, telur, daun sulasiah, daun jarak dan obat dari penyakit yang diderita. Kata Kunci: Penyakit, Kategori, Pengobatan, Obat, Pesonalistik, Naturalistik, Kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syahrizal M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 22 Jul 2019 14:56
Last Modified: 22 Jul 2019 14:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47184

Actions (login required)

View Item View Item