HUBUNGAN USIA, LOKASI ANATOMIS, DAN STADIUM KLINIS DENGAN JENIS HISTOPATOLOGI KARSINOMA KOLOREKTAL DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2017

Rizky, Putra Ismeldi (2019) HUBUNGAN USIA, LOKASI ANATOMIS, DAN STADIUM KLINIS DENGAN JENIS HISTOPATOLOGI KARSINOMA KOLOREKTAL DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Karsinoma kolorektal merupakan salah satu penyakit akibat keganasan epitel saluran cerna bawah terbanyak di dunia. Data di Indonesia tahun 2018 tercatat 29.357 kasus yang merupakan urutan keempat tertinggi dari semua kasus keganasan. Provinsi Sumatera Barat juga memiliki peningkatan prevalensi rerata nasional dari tahun 2013-2018. Angka kematian karsinoma kolorektal bervariasi menurut faktor klinis yang berhubungan dengan jenis histopatologinya. Adenocarcinoma, mucinous adenocarcinoma, dan signet ring cell carcinoma adalah histopatologi yang paling lazim ditemukan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, lokasi anatomis, dan stadium klinis dengan jenis histopatologi karsinoma kolorektal. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan metode cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Penelitian dilakukan di laboratorium patologi anatomi dan rekam medik RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan data dari rekam medik hasil pemeriksaan pasien karsinoma kolorektal tahun 2017. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square. Didapatkan hasil penelitian sebanyak 65 data yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Karsinoma kolorektal dengan jenis histopatologi adenocarcinoma paling banyak pada usia >40 tahun. Adenocarcinoma tercatat paling banyak dibandingkan jenis lainnya di lokasi anatomis distal. Stadium klinis awal paling banyak pada jenis adenocarcinoma daripada jenis mucinous dan signet ring cell carcinoma. Uji statistik chi-square antara usia,lokasi anatomis, dan stadium klinis dengan jenis histopatologi menunjukkan p-value secara terurut 0,368, 0,061, dan 0,549. Kesimpulan penelitian didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara usia, lokasi anatomis, dan stadium klinis dengan jenis histopatologi pada kejadian karsinoma kolorektal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Avit Suchitra, Sp.B-KBD
Uncontrolled Keywords: Karsinoma kolorektal, Usia, Lokasi Anatomis, Stadium Klinis, Histopatologi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 22 Jul 2019 15:04
Last Modified: 22 Jul 2019 15:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47077

Actions (login required)

View Item View Item