Nigel, Destarayudha (2024) ANALISIS BRAND LOYALTY DALAM MENDORONG KONSUMEN MENGGUNAKAN APLIKASI DANA (Studi Deskriptif Pengguna Aplikasi DANA pada Kalangan Mahasiswa di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (100kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (153kB) |
|
Text (Bab V Penutup)
Bab V.pdf - Published Version Download (65kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (128kB) |
|
Text (Skripsi - Nigel Destarayudha (1810862025))
Skripsi - Nigel Destarayudha (1810862025).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
DANA sebagai pemegang peringkat 1 aplikasi keuangan di App Store, berupaya untuk mempertahankan posisinya dari persaingan e-wallet saat ini, dimana perusahaan-perusahaan e-wallet pesaingnya gencar memberikan promo, iklan dan membangun brand loyalty kepada mahasiswa sebagai mayoritas pengguna e-wallet. Mahasiswa pengguna e-wallet tentu akan berusaha mencari mana produk terbaik yang memberikan keuntungan misalnya seperti transfer gratis, cashback dan promo. Usaha tersebut dijelaskan dalam teori brand loyalty yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller dimana terdapat 3 indikator brand loyalty yaitu word of mouth, reject another dan repeat purchasing. Penelitian ini mengambil fokus pada analisis brand loyalty untuk mendorong penggunaan aplikasi DANA dengan cakupan pengguna di kalangan mahasiswa di Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis brand loyalty di kalangan mahasiswa Kota Padang terhadap penggunaan aplikasi DANA serta menganalisis penggunaan aplikasi DANA di kalangan mahasiswa sebagai konsumen berdasarkan teori brand loyalty. Melalui metode kualitatif dengan paradigma post-positivisme, penelitian ini menjelaskan motivasi dan preferensi pengguna aplikasi DANA di tengah maraknya persaingan dengan e-wallet lainnya seperti Go-pay dan OVO. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand loyalty aplikasi DANA di kalangan mahasiswa di Kota Padang telah berhasil yang ditunjukkan dengan mahasiswa yang mengetahui aplikasi DANA melalui rekomendasi dari teman. Hal ini tergambar dengan word of mouth yang menjadi salah satu indikator yang paling berhasil mendorong mahasiswa untuk menggunakan DANA sesuai salah satu indikator dari teori brand loyalty. Penelitian ini menunjukkan bahwa walaupun aplikasi DANA memiliki brand loyalty yang tinggi, namun aplikasi DANA harus tetap menjaga brand loyalty agar kedepannya kedudukan DANA tidak tersaingi oleh e-wallet lain. Kata Kunci: Brand Loyalty, Pengguna Aplikasi DANA, Mahasiswa di Kota Padang, Word Of Mouth, Reject Another, Repeat Purchasing
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 03:24 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 03:24 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/470191 |
Actions (login required)
View Item |