Analisis Dampak Penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terhadap Kualitas Daya Pada Jaringan Distribusi Listrik Universitas Andalas

Meliza, Zulfia Candra (2019) Analisis Dampak Penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terhadap Kualitas Daya Pada Jaringan Distribusi Listrik Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img] Text (TA Full Text)
MELIZA ZULFIA CANDRA (1510951049).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan sumber energi alternatif yang dapat mengatasi kebutuhan energi listrik dalam jumlah yang cukup besar pada Universitas Andalas. Namun dengan adanya penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) akan mempengaruhi kualitas daya pada sistem kelistrikan yaitu profil tegangan, faktor daya dan kandungan harmonisa dalam sistem. Hal ini dikarenakan komponen pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) termasuk jenis beban nonlinear. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar perubahan nilai profil tegangan, Total Harmonik Distorsion (THD) dan Faktor Daya yang dihasilkan setelah penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada Jaringan Distribusi UNAND yang terhubung pada gardu hubung keperawatan. Metode yang digunakan yaitu simulasi aliran daya menggunakan software ETAP 12.6 dengan melakukan empat skenario yaitu sebelum penambahan PLTS, penambahan PLTS secara tersebar, penambahan PLTS secara terpusat pada satu bus, dan penambahan PLTS secara terpusat pada dua bus. Dari penelitian yang telah dilakukan tersebut menghasilkan penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dapat mempengaruhi kualitas daya seperti kenaikan profil tegangan, kenaikan nilai Total Harmonic Distortion (THDv), dan penurunan faktor daya. Maka dapat disimpulkan letak Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang baik adalah pada skenario 2 yaitu penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) secara tersebar pada masing – masing bus beban dengan kapasitas total daya PLTS sebesar 307.175 kW, sehingga terjadi kenaikan profil tegangan, namun untuk nilai faktor dayanya masih di bawah standar PLN dan nilai Total Harmonic Distortion Voltage (THDv) telah sesuai standar IEEE 519-1992. Kata Kunci : PLTS, Profil Tegangan, Faktor Daya, Total Harmonik Distorsion (THD)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. H. Syukri Yunus, M.Sc
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 22 Jul 2019 12:24
Last Modified: 22 Jul 2019 12:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46922

Actions (login required)

View Item View Item