Cindy, Anggelina (2024) PREDIKSI LAJU EROSI NAGARI TIGO BALAI KECAMATAN MATUR MENGGUNAKAN METODE USLE (UNIVERSAL SOIL LOSS EQUATION). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (201kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (110kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (104kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (246kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memprediksi laju erosi dan menentukan indeks bahaya erosi Nagari Tigo Balai Kecamatan Matur. Metode yang digunakan dalam menentukan besaran erosi adalah metode USLE (Universal Soil Loss Equation). Parameter yang digunakan yaitu curah hujan, kelerengan, jenis tanah, dan penggunaan lahan. Hasil penelitian menunjukkan erosi di Nagari Tigo Balai paling luas terdapat pada tingkat bahaya erosi sangat ringan dengan persentase sebesar 68,60% dengan luas lahan 2.046,92 ha. Tingkat bahaya erosi sangat berat memiliki luas yang kecil dengan luas sebesar 270,90 ha sekitar 9,08% dari luas lahan Nagari Tigo Balai. Tingkat bahaya erosi sangat berat dan nilai indeks bahaya erosi dengan kategori sangat tinggi terdapat pada penggunaan lahan tegalan/ladang. Indeks bahaya erosi dengan kategori sangat tinggi memiliki persentase luas sebesar 14,87% (443,78 ha) dengan rata-rata indeks bahaya erosi yaitu 19,21.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr.Delvi Yanti,S.TP,MP |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Erosi, (Universal Soil Loss Equation) USLE, Laju Erosi, Indeks Bahaya Erosi |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian |
Depositing User: | S1 Teknik Pertanian |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:59 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:59 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467968 |
Actions (login required)
View Item |