IDENTIFIKASI MOLEKULER DAN POTENSI METABOLIT SEKUNDER ANTIOKSIDAN ISOLAT JAMUR ENDOFIT TUMBUHAN MANGROVE (Rhizophora apiculata)

Denny, Bendrianis (2024) IDENTIFIKASI MOLEKULER DAN POTENSI METABOLIT SEKUNDER ANTIOKSIDAN ISOLAT JAMUR ENDOFIT TUMBUHAN MANGROVE (Rhizophora apiculata). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FULL.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tanaman mangrove diketahui menjadi salah satu sumber jamur endofitik yang menghasilkan beragam senyawa metabolit bioaktif dengan berbagai aktivitas biologis, seperti potensi antioksidan yang dapat meredam radikal bebas penyebab rusaknya sel jaringan tubuh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk identifikasi molekuler isolat EUA-111 jamur endofit Rhizophora apiculata dan Menganalisis potensi senyawa metabolit sekunder antioksidan isolat EUA-111 jamur endofit Rhizophora apiculata. Penelitian dilakukan dengan identifikasi molekuler jamur endofit menggunakan rDNA ITS (Internal Transcribed Spacer). Selanjutnya, dilakukan identifikasi senyawa metabolit jamur endofit ekstrak etil asetat menggunakan instrument FTIR, GC MS dan LC MS-MS. Hasilnya menunjukkan analisis berbasis molekuler dari isolat jamur endofit mangrove EUA-111 memiliki similaritas dengan Aspergillus flavus ATCC 16883 ITS region. Analisis senyawa menggunakan FTIR diperoleh 15 peak dengan 8 serapan atau gugus fungsi yang berbeda; Analisis GC MS diperoleh 29 peak yang terdiri dari 17 senyawa berbeda dan 15 diantaranya memiliki aktivitas biologi sebagai antioksidan; Analisis LC MS�MS diperoleh 16 senyawa dan 7 diantaranya memiliki aktivitas biologi sebagai antioksidan. Potensi antioksidan tertinggi yang diperoleh dari GC-MS yaitu senyawa 7-epi-cis-sesquisabinene hydrate dengan nilai potential activity yaitu 0.775 dan LC-MSMS senyawa potensi antioksidan dengan nilai potential activity tertinggi yaitu versicolorin A sebesar 0.316.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Anthoni Agustien
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Jamur Endofit, Antioksidan, Identifikasi Molekuler, FTIR, GC MS, LC MS-MS
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 31 May 2024 03:03
Last Modified: 31 May 2024 03:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467892

Actions (login required)

View Item View Item