Anindita, Leni (2024) Peran Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat untuk Mengawasi Pelayanan Publik. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version Download (217kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (400kB) |
|
Text (BAB Akhir Kesimpulan)
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version Download (211kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (331kB) |
|
Text (Skripsi Full)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan publik merupakan kebutuhan dasar bagi setiap warga negara. Selain peran pemerintah sebagai penyedia dan pengawas pelayanan publik yang dalam hal ini dilakukan oleh Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat, masyarakat juga memiliki andil penting dalam upaya pencegahan maladministrasi. Adanya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik akan sangat membantu Ombudsman dalam mewujudkan pelayanan prima. Partisipasi tersebut dilakukan dapat berupa pengaduan kepada Ombudsman mengenai maladministrasi yang dialami. Pada periode 2019-2022, Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat menempati urutan ketiga terbanyak laporan maladministrasi di Indonesia dengan jumlah 1.246 kasus. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengawasi pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat berperan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik. Peran yang dilakukan Ombudsman ialah membuka berbagai saluran pengaduan yang mudah diakses, melakukan komunikasi melalui media, bekerja sama dengan kelompok masyarakat sipil, melakukan sosialisasi melalui PVL OTS, membangun kepercayaan masyarakat melalui mekanisme kerahasiaan identitas dan hadir dalam isu pelayanan publik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Tengku Rika Valentina, MA |
Uncontrolled Keywords: | Peran Ombudsman; Partisipasi masyarakat; Pengawasan Pelayanan Publik |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | s1 Ilmu politik |
Date Deposited: | 28 May 2024 09:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:04 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467711 |
Actions (login required)
View Item |