Peran Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat untuk Mengawasi Pelayanan Publik

Leni, Anindita (2024) Peran Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat untuk Mengawasi Pelayanan Publik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (BAB Akhir Kesimpulan)
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik merupakan kebutuhan dasar bagi setiap warga negara. Selain peran pemerintah sebagai penyedia dan pengawas pelayanan publik yang dalam hal ini dilakukan oleh Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat, masyarakat juga memiliki andil penting dalam upaya pencegahan maladministrasi. Adanya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik akan sangat membantu Ombudsman dalam mewujudkan pelayanan prima. Partisipasi tersebut dilakukan dapat berupa pengaduan kepada Ombudsman mengenai maladministrasi yang dialami. Pada periode 2019-2022, Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat menempati urutan ketiga terbanyak laporan maladministrasi di Indonesia dengan jumlah 1.246 kasus. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengawasi pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat berperan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik. Peran yang dilakukan Ombudsman ialah membuka berbagai saluran pengaduan yang mudah diakses, melakukan komunikasi melalui media, bekerja sama dengan kelompok masyarakat sipil, melakukan sosialisasi melalui PVL OTS, membangun kepercayaan masyarakat melalui mekanisme kerahasiaan identitas dan hadir dalam isu pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Tengku Rika Valentina, MA
Uncontrolled Keywords: Peran Ombudsman, Partisipasi masyarakat, Pengawasan Pelayanan Publik
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JL Political institutions (America except United States)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 28 May 2024 09:20
Last Modified: 28 May 2024 09:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467711

Actions (login required)

View Item View Item