Aktifitas Komunikasi Interpersonal Perempuan Dalam Menghadapi Stereotip Negatif Female Gamers dalam Aplikasi Mobile Legend

Kevin, Adytia Wahyudi (2024) Aktifitas Komunikasi Interpersonal Perempuan Dalam Menghadapi Stereotip Negatif Female Gamers dalam Aplikasi Mobile Legend. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Judul & Abstrak)
JUDUL & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN (2).pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan)
BAB 5 KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka (2).pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Fulltext)
Skripsi Kevin Adytia Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Female gamers menghadapi lebih banyak kesulitan karena urusan terkait gender yang seharusnya berada di luar permainan masih selalu diikutsertakan ke dalam gim. Sehingga banyak orang yang tidak menerima adanya perempuan di tim yang sama akan mendiskriminasi dan melakukan pelecehan verbal, selain itu banyak juga orang memandang wanita di dalam gim sebagai objek dan hanya untuk memuaskan hasrat seksual. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat stereotip yang didapatkan oleh female gamers dalam bermain gim online dan menganalisis proses komunikasi female gamers terhadap stereotip yang mereka terima melalui Game Online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Penelitian ini akan menghubungkan hasil penelitian dengan menggunakan Teori Interaksi Simbolik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa stereotip terhadap perempuan dalam permainan gim menganggap mereka hanya sebagai pemuas nafsu dan tidak mampu bermain gim. Hal ini terlihat dari cara mereka diperlakukan, seperti menggunakan kata-kata yang mengarah pada pelecehan seksual. Selain itu, ada frase yang seolah-olah merendahkan perempuan, seperti mengatakan bahwa female gamers adalah sugar baby karena memiliki karakter yang bagus di gim. Pada proses komunikasi sendiri, Female gamers menunjukkan kesadaran diri yang kuat dalam mengatasi stereotip, baik dengan membuktikan eksistensi mereka dalam industri E-sport maupun dengan meningkatkan keterampilan dan pencapaian mereka dalam bermain gim. Meskipun terdapat pandangan positif terhadap kemajuan teknologi dan industri E-sport, stereotip negatif masih ada di kalangan yang belum sepenuhnya memahami perkembangan industri gaming.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, S.Sos, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Diskriminasi, female gamers, game online, komunikasi interpersonal, stereotip.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 20 May 2024 08:02
Last Modified: 20 May 2024 08:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466734

Actions (login required)

View Item View Item