EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jacq.) Di NAGARI GUNUNG MEDAN KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA PROVINSI SUMATERA BARAT

Ilham, Akbar Daulay (2019) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jacq.) Di NAGARI GUNUNG MEDAN KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jacq.) DI NAGARI GUNUNG MEDAN KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA PROVINSI SUMATERA BARAT Abstrak Penelitian ini dilaksanakan di Kenagarian Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya mulai dari bulan November 2018 sampai dengan Januari 2019. Sampel tanah dari hasil survei dianalisis di Laboratorium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metoda survei lapangan. Evaluasi kesesuaian lahan dengan cara matching dilakukan dengan mencocokkan antara karakteristik lahan dengan syarat penggunaan lahan tertentu. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan membuat peta kesesuaian lahan untuk tanaman kelapa sawit di Nagari Gunung Medan Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan untuk satuan lahan atau SL I dan SL V berada pada kelas kesesuaian lahan S2 (cukup sesuai) dengan sub-kelas S2wa,nr dengan faktor pembatas ketersediaan air (curah hujan) dan retensi hara (kejenuhan basa dan pH H2O). SL II berada pada kelas kesesuaian S2 (cukup sesuai) dengan sub-kelas S2wa,nr,eh dengan faktor pembatas ketersediaan air (curah hujan), retensi hara (KTK liat, kejenuhan basa, pH H2O) dan bahaya erosi (lereng). SL III dan SL IV berada pada kelas kesesuaian lahan S3 (sesuai marginal) dengan sub-kelas S3nr dengan faktor pembatas retensi hara (pH H2O). Dan SL VI berada pada kelas kesesuaian lahan S2 (cukup sesuai) dengan sub-kelas S2wa,nr,eh dengan faktor pembatas ketersediaan air (curah hujan), retensi hara (kejenuhan basa, pH H2O) dan bahaya erosi (lereng). Setelah dievaluasi maka terbuatlah peta kesesuaian lahan yang cocok untuk tanaman kelapa sawit di Kenagarian Gunung Medan Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya dengan skala 1 : 50.000. Kata kunci : Kesesuaian lahan, kelapa sawit (Elaeis guinensis Jacq.), peta kesesuaian lahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 17 Jul 2019 09:51
Last Modified: 17 Jul 2019 09:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46665

Actions (login required)

View Item View Item