ANALISIS HUBUNGAN ANTARA POLIMORFISME GEN ADISINTEGRIN AND METALLOPROTEASE33 DAN PROTEIN EGF DENGAN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIKPADA SUKU JAWA DI LAMPUNG

Retno, Ariza S Soemarwoto (2019) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA POLIMORFISME GEN ADISINTEGRIN AND METALLOPROTEASE33 DAN PROTEIN EGF DENGAN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIKPADA SUKU JAWA DI LAMPUNG. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img] Text (Disertasi Full text)
Disertasi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan salah satu masalah dalam bidang kesehatan. Penyakit ini ditandai dengan, emfisema, bronkitis kronis dan obstruksi saluran nafas kecil. Hambatan kronis aliran nafas menjadi ciri khas PPOK. Diduga rokok menjadi faktor penyebab PPOK, tetapi tidak semua perokok menderita PPOK. Ternyata perokok yang mempunyai gangguan pada enzim yang berperan dalam keseimbangan proteolisis dan anti proteolisis lebih mudah terserang PPOK. Salah satu enzim ini adalah protein A disintegrin and metallo protease 33 (ADAM 33) yang merupakan enzim proteolisis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara polimorfisme gen ADisintegrin And Metalloprotease33 dan EGFdengan penyakit paru obstruktif kronikpada suku jawa di lampung. Penelitian ini bersifat crosssectional comparative, dimana sampel yang diambil adalah perokok dengan PPOK. Pada subjek penelitian ini dilakukan terlebih dahulu spirometri untuk melihat fungsi paru. Pemeriksaan polimorfisme ADAM33 dilakukan dengan ekstraksi DNA, amplikasi dan sequencing, dan kadar EGF ditentukan dengan metode ELISA. Data yang diperoleh dianalisis dengan Chi Squareuntuk melihat hubungan Antara Polimorfisme Gen ADisintegrin And Metalloprotease33 dan EGFdengan penyakit paru obstruktif kronikpada suku Jawa di Lampung. Hasil penelitian didapatkan, bahwa tidak terdapat hubungan antara polimorfisme gen ADAM33 dengan kejadian PPOK dan terdapat hubungan yang bermakna antara kadar EGF dengan hambatan jalan nafas (p=0,004). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa polimorfisme gen ADAM33 ditemukan pada perokok PPOK dan non PPOK dan tidak berhubungan dengan PPOK, sedangkan peningkatan kadar EGF berhubungan dengan PPOK.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr.sc. agr. Ir. Jamsari, MP
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s3 Biomedik kedokteran
Date Deposited: 15 Jul 2019 15:37
Last Modified: 15 Jul 2019 15:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46576

Actions (login required)

View Item View Item