ANGGI, HERU M (2023) PRAKTIK KOMUNIKASI PADA ADVOKASI KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN DI DAERAH (STUDI PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BATAM). Masters thesis, UNAND.
Text (COVER ABSTRAK)
cover dan abstrak anggi.pdf - Published Version Download (23kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (348kB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI anggi.pdf - Bibliography Download (211kB) |
|
Text (DAPUS)
dapus anggi.pdf - Published Version Download (339kB) |
|
Text (FULL)
TESIS ANGGI HERU M 2024 OKE watermarkkk.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Yayasan Embun Pelangi, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang fokus pada perlindungan, pendampingan, dan pemberdayaan terhadap kasus kekerasan pada anak di Kota Batam, sebelas anak mendapat perlindungan sepanjang tahun 2022 akibat kekerasan fisik dan seksual dari teman sekelas dan guru. Selain itu, penelitian juga menemukan anak-anak berusia lima belas tahun yang menjadi korban perundungan dan intoleransi di sekolah, terutama berasal dari etnis tertentu yang kebetulan merupakan minoritas di sekolah tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi, menjelaskan, dan menganalisis Praktik Komunikasi pada Advokasi Kebijakan Nasional Pendidikan di Daerah yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsi serta menganalisis Praktik Komunikasi pada Advokasi Kebijakan Nasional Pendidikan di Daerah pada Dinas Pendidikan Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) serta paradigma konstruktivisme dengan menggunakan Teori Kredibilitas Sumber sebagai referensi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi advokasi kebijakan nasional pendidikan oleh Dinas Pendidikan Kota Batam menegaskan peran strategis mereka dalam memastikan penyebaran informasi yang efisien, memobilisasi dukungan, dan meningkatkan pemahaman terkait kebijakan pendidikan di tingkat lokal. Keterlibatan sekolah sebagai respon positif dalam kegiatan advokasi mencerminkan kesadaran akan dampak positif kebijakan nasional terhadap pendidikan di tingkat daerah. Selain itu, pentingnya komunikasi baik, baik verbal maupun non-verbal, menjadi kunci dalam mendukung keberhasilan advokasi kebijakan pendidikan di satuan pendidikan, membentuk lingkungan lokal yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan sistem pendidikan sesuai dengan visi dan tujuan nasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom Dr. Ernita Arif, M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 07:46 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 07:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465581 |
Actions (login required)
View Item |