Hayatinah, Dea Siti Zainiah (2024) Evaluasi Program E-Filing pada Sistem Pelayanan Pajak dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkalis. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover .pdf - Published Version Download (441kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (829kB) |
|
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (326kB) |
|
Text (FULL TEXT)
Skripsi Dea Siti Zainiah 1910841004 (terbaru).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi program e-filing dalam pelaporan surat pemberitahuan tahunan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bengkalis. E-filing bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam pelaporan surat pemberitahuan tahunan bagi wajib pajak. Penelitian ini dilator belakangi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkalis selalu mendapatkan apresiasi dalam hal realisasi penerimaan pajak diatas 100% meskipun pernah mengalami penurunan namun penerimaan pajak selalu memenuhi target. Seiring dengan penerimaan realisasi tersebut, hal ini juga harus diimbangi dengan peningkatan Pelaporan SPT Tahunan oleh Wajib Pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sumber data. Keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi menurut William N.Dunn yang terdiri dari 6 kriteria yaitu Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan, Pemerataan, Responsivitas, dan Ketepatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Efektivitas, Evaluasi Program E-filing berdasarkan kebijakan PER 02/PJ/2019 semenjak diterbitkan peraturan ini apabila dilihat dari data tahun 2019 – 2022 pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi yang manual semakin menurun dan yang melakukan Pelaporan SPT Tahunan secara e-filing semakin meningkat. Dapat dikatakan bahwa evaluasi kebijakan tersebut sudah berjalan sesuai dengan aturan yang diterbitkan dan berjalan sangat efektif. 2) Efisiensi, penerapan e-filing ini secara general sudah efisien, akan tetapi masih memiliki kendala pada efisiensi sumber daya, pada penelitian ini memiliki dua tanggapan dari pihak fiskus dan pihak wajib pajak. 3) Kecukupan, dalam penerapan e-filing telah memecahkan permasalahan kepatuhan perpajakan dalam pelaporan SPT Tahunan. 4) Pemerataan, penyebaran sarana/prasarana dan sosialisasi yang dilakukan oleh pihak fiskus telah merata dan dapat diterima oleh wajib pajak . 5) Responsivitas, wajib pajak merespon dengan positif dan sangat puas. Wajib pajak merasa puas dan terbantu dengan adanya e-filing. 6) Ketepatan, e-filing sangat bermanfaat bagi pihak fiskus maupun wajib pajak, sehingga tujuan dengan hasil yang ingin dicapai telah sesuai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP Drs, Yoserizal, M.SI |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi; Program; E-filing |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | S1 Administrasi Public |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 05:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:31 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465503 |
Actions (login required)
View Item |