Juita, Sukraini (2008) Analisis Peran Business Development Centre (BDC) Sebagai Fasilitator Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Sektor Pertanian Di Kota Sawahlunto. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak + Cover.pdf - Published Version Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (81kB) | Preview |
|
Text (Thesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di Kota Sawahlunto dengan pertimbangan bahwa Pemerintah Kota Sawahlunto adalah yang pertama kali melaksanakan sistim kemitraan dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Dalam rangka pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Business Development Center. (BDC), adalah Badan Independent yang menyediakan pelayanan dan pendampingan pengembangan usaha bagi pengusaha kecil dan menengah di kota Sawahlunto disamping itu BDC juga menjalankan peran-peran yang bersifat memacu pemberdayaan ekonomi masyarakat. Lembaga Pemerhati Wanita Anak dan Lingkungan (LPWAL) adalah LSM yang terpilih menjadi lembaga yang menfasilitasi BDC dan berperan sebagai fasilitator dalam mengakses modal dan pasar hal ini diperkuat dengan surat perjanjian kerjasama NO: 500/SPK/Perek/V/2002, tanggal 2 Mei 2002 dengan pemerintah kota Sawahlunto. Tujuan Penelitian yang ingin diperoleh adalah a.)Menganalisis peranan BDC sebagai fasilitator pemberdayaan ekonomi masyarakat ditinjau dari aspek, meningkatkan kelancaran pelayanan kredit dari bank, meningkatkan pengetahuan tentang manajemen usaha yang lebih berkualitas dan perluasan pemasaran hasil produksi. b) Menganalisis persepsi UKM terhadap peran BDC dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UKM yang telah mendapatkan kredit Dana Kemitraan yang difasilitasi oleh BDC khususnya yang bergerak di bidang Pertanian, untuk jumlah sampel ditetapkan dengan Quota 25% dari total populasi pada masing-masing Kecamatan, selanjutnya untuk pengambilan sampel responden.dilakukan secara Simple Random Sampling (Acak Sederhana). Penganalisaan data untuk peranan BDC dilakukan secara Deskriptif Kualitatif berupa persentase. Sedangkan untuk melihat persepsi UKM diukur dengan Skala Likert. Bedasarkan hasil analisa , Business Development Center (BDC) sudah berhasil dengan baik menjalankan perannya sebagai fasilitator membantu kelancaran kredit. Dalam Meningkatkan manajemen usaha yang lebih berkualitas dan membantu pemasaran hasil produksi belum maksimal menjalankan perannya. Persepsi UKM terhadap Peran BDC dalam membantu kelancaran kredit adalah sangat baik, sedangkan persepsi UKM terhadap peran BDC dalam aspek meningkatkan manajemen usaha dan perluasan pemasaran hasil produksi adalah sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof, DR. Asdi Agustar,MSc |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 pembangunan wilayah |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 16:01 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 16:01 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46541 |
Actions (login required)
View Item |