Ricci Maulana, Roy (2024) STRATEGI PEMASARAN USAHA LADU ARAI PINANG ONGGA DI KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version Download (101kB) |
|
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf - Published Version Download (177kB) |
|
Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf - Published Version Download (49kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version Download (175kB) |
|
Text (Skripsi (Full Text))
Text (Full Text).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) Usaha Ladu arai pinang ongga (2) Merumusakan strategi pemasaran yang bisa diterapkan pada Usaha Ladu ongga. Penelitian ini dilaksanakan pada Usaha Ladu Arai Pinang Ongga yang beralamat di Kompleks Cacat Veteran No. 10 Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode analasis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan matriks IFE, EFE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian ini diperoleh nilai IFE sebesar 2, 716 artinya usaha Ladu arai Pinang Ongga memiliki posisi internal yang kuat dan untuk nilai EFE diperoleh nilai sebesar 2,737 artinya usaha Ladu Arai Pinang Ongga merespon dengan kuat terhadap peluang dan ancaman yang muncul. Perumusan strategi yang dihasilkan menggunakan matriks SWOT yaitu (1) Memperluas pasar produk dan meningkatkan jumlah pedagang pengecer dengan mengoptimalkan kualitas produk yang dimiliki (2) Memakai sistem pembayaran digital pada usaha dan tanggal kadaluwarsa pada kemasan produk usaha (3) Memvariasikan ukuran kemasan produk dengan harga lebih terjangkau agar dapat bersaing dengan pesaing sejenis (4) Mengaktifkan kembali media sosial dan mengoptimalkan promosi offline dan online. Sedangkan untuk matriks QSPM diperoleh nilai yang paling tinggi pada strategi I dengan nilai TAS sebesar 6,515 artinya strategi I: Memperluas pasar produk dan meningkatkan jumlah pedagang pengecer dengan mengoptimalkan kualitas produk yang dimiliki, merupakan strategi prioritas utama yang dapat diimplemntasikan pada usaha Ladu Arai Pinang Ongga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 09:10 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 09:10 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465186 |
Actions (login required)
View Item |