PENGELOLAAN ZAKAT APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DAN MASYARAKAT LAINNYA OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN PASAMAN

Kurnia, Santi (2019) PENGELOLAAN ZAKAT APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DAN MASYARAKAT LAINNYA OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat adalah salah satu pilar dalam rukun Islam dan merupakan praktik ibadah yang mengandung dimensi sosial. Zakat juga menjadi salah satu dana yang berpotensial yang dapat dimanfaaatkan untuk mengurangi kemiskinan, kesenjangan sosial dan meningkatkan kesejateraan masyarakat. Zakat telah masuk kedalam ranah hukum positif dengan dibentuknya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Adapun permasalahannya yaitu bagaimana pengelolaan zakat Aparatus Sipil Negara (ASN) yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Pasaman, dan apa saja program-program BAZNAS Kabupaten Pasaman dalam pendistribusian dana zakat. Tujuannya untuk mengetahui pengelolaan dana zakat oleh BAZNAS Kabupaten Pasaman dan mengetahui bagaimana program-program BAZNAS Kabupaten Pasaman. Dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian tentang pengelolaan zakat ASN oleh BAZNAS Kabupaten Pasaman ini yaitu pengelolaannya, yang terdiri dari perencanaan, pengkoordinasian dalam pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat. Tahapan paling penting dalam Pengelolaan zakat di BAZNAS Kabupaten Pasaman yaitu tahap pengumpulan dan pendistribusian. Penyaluran dana zakat dilakukan dengan membentuk program-program dalam pendistribusian zakat yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam penyaluran dana zakat. Namun pemantauan setelah pendistribusian juga kurang maksimal dan kategori ASN yang harus membayar zakat ke BAZNAS Kabupaten Pasaman masih kurang jelas. Harapannya semoga kedepannya pola sosialisasi tentang zakat lebih inovatif dan transparan. Penditribusian juga diharapkan lebih merata untuk setiap daerah di Kabupaten Pasaman dan menciptakan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Yaswirman, M.A
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 10 Jul 2019 11:13
Last Modified: 10 Jul 2019 11:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46507

Actions (login required)

View Item View Item