Yani, Rahma Witri (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KONDISI TEKNIS SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (326kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (329kB) |
|
Text (Bab Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (330kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (24MB) | Request a copy |
Abstract
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kota Padang yang melaksanakan pengelolaan dan pelayanan air minum secara adil, merata, terus menerus, dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan menganalisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kepuasan pelanggan terhadap kondisi teknis Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perumda Air Minum Kota Padang. Kondisi teknis SPAM yang dianalisis yaitu kualitas air, kuantitas air, dan kontinuitas air yang diterima. Analisis data menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Data primer diperoleh melalui survei dan kuesioner, dan data sekunder diambil dari buku, jurnal, dan artikel yang mendukung penelitian. Jumlah responden adalah 400 sampel pelanggan aktif rumah tangga Perumda Air Minum Kota Padang yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Analisis data kepuasan pelanggan dihitung berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Permen PAN RB) No. 14 Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan aktif Kota Padang terhadap kondisi teknis SPAM adalah 297 orang (69,75%) merasa puas akan kuantitas air, 246 orang (61,5%) puas terhadap kontinuitas air, dan 264 orang (66%) merasa puas terhadap kualitas air. Hasil perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kota Padang adalah 73,42 dengan mutu layanan C dan kinerja Kurang Baik. Rayon pelayanan air minum yang memperoleh nilai IKM tertinggi adalah rayon 12 dengan nilai 93,52 atau mutu layanan A dan tingkat kinerja Sangat Baik. Sedangkan yang memperoleh nilai IKM terendah yaitu Rayon 1 dengan nilai 63,73 atau mutu layanan D dan kinerja Tidak Baik. Kata Kunci : Air Minum, Kepuasan Pelanggan, Kontinuitas Air, Kualitas Air, Kuantitas Air
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ir. Ansiha Nur, M.T |
Uncontrolled Keywords: | Air Minum, Kepuasan Pelanggan, Kontinuitas Air, Kualitas Air, Kuantitas Air |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Lingkungan |
Depositing User: | s1 teknik lingkungan |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 01:44 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 01:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463819 |
Actions (login required)
View Item |