M. Pio, Hidayatullah (2024) PERBANDINGAN MODEL HYBRID SARIMA-FTSMC, SARIMAX-FTSMC, SARIMA-FTS CHENG, DAN SARIMAX-FTS CHENG DALAM MEMODELKAN JUMLAH PENUMPANG PESAWAT DI BANDARA SOEKARNO-HATTA. Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (Tesis).pdf - Published Version Download (196kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 (Tesis).pdf - Published Version Download (218kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5. Penutup (Tesis).pdf - Published Version Download (228kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (Tesis).pdf - Published Version Download (194kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
Tesis_S2(Watermark).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Pesawat udara merupakan moda transportasi yang paling efektif dan efisien karena dapat mengangkut barang dan manusia dengan waktu yang singkat, aman, dan biaya yang relatif terjangkau. Sejak awal terciptanya hingga saat ini pesawat udara masih menjadi primadona untuk sebuah moda transportasi yang sangat dibutuhkan dan diandalkan, dikarenakan pesawat udara memiliki sejumlah kelebihan di antaranya kemampuan jarak jelajah yang jauh, aman, cepat, dan daya angkut besar.Tidak heran jika pesawat udara semakin menarik perhatian masyarakat karene kelebihan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk memodelkan jumlah penumpang pesawat di bandara Soekarno-Hatta menggunakan model hybrid SARIMA-FTSMC, SARIMA-FTS Cheng, SARIMAX-FTSMC, dan SARIMAX-FTSM Cheng. Model hybrid SARIMA-FTSMC, SARIMA-FTS Cheng, SARIMAX-FTSMC, dan SARIMAX�FTS Cheng ini merupakan penggabungan dari model Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average (SARIMA) dan Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average with Exogenous Variables (SARIMAX) dengan model Fuzzy Time Series Markov Chain (FTSMC) dan Fuzzy Time Series Cheng (FTS Cheng). Data yang digunakan adalah data jumlah penumpang pesawat di bandara Soekarno-Hatta pada Januari 2010 hingga Mei 2023 sebanyak 161 buah data. Pada penelitian ini diperoleh model terbaik yaitu model hybrid SARIMA-FTSMC untuk memodelkan jumlah penumpang pesawat di bandara Soekarno-Hatta dengan nilai Mean Absolute Deviation (MAD) (94087.85383), Mean Squared Error (MSE) (14772415794), dan Mean Absolute Percentage Er�ror (MAPE) (0.12827) yang lebih kecil dari bandingkan model hybrid SARIMA�FTS Cheng, SARIMAX-FTSMC, dan SARIMAX-FTS Cheng.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Ferra Yanuar |
Uncontrolled Keywords: | time series, pesawat udara, SARIMA, SARIMAX, FTSMC, FTS Cheng, MAD, MSE, MAPE. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 matematika matematika |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 08:19 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 08:19 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463786 |
Actions (login required)
View Item |