RANCANGAN PENILAIAN TINGKAT KESIAPAN ADOPSI TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING PADA IKM BINAAN SENTRA RENDANG PADANG

Salsabilla, Maroofa Ardian (2024) RANCANGAN PENILAIAN TINGKAT KESIAPAN ADOPSI TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING PADA IKM BINAAN SENTRA RENDANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital membawa banyak perubahan dalam aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pemasaran. Salah satu perkembangan teknologi digital tersebut adalah membuka peluang bagi suatu usaha untuk memasarkan produk atau jasanya dengan cara yang lebih efektif. IKM, sebagai tulang punggung ekonomi di banyak negara, perlu menyesuaikan diri dengan perubahan ini untuk tetap relevan dan bersaing di pasar yang semakin global dan terhubung. Sentra Rendang Kota Padang membina dan mendampingi 45 IKM yang memberikan pelayanan berupa fasilitas produksi, pemasaran, dan pelatihan, serta wisata kuliner rendang di Kota Padang. Peran digital marketing sangat berperan penting untuk meningkatkan daya saing IKM binaan khususnya memperluas jangkauan pemasaran. Digital marketing merupakan salah satu jenis pemasaran yang banyak digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa dan untuk menjangkau konsumen menggunakan saluran digital. Sebelum menerapkan digital marketing diperlukan kesiapan yang matang, maka dirancang penilaian untuk mengetahui tingkat kesiapan adopsi teknologi untuk mendukung penerapan digital marketing. Rancangan penilaian ini dilakukan dengan menentukan indikator yang mempengaruhi kesiapan teknologi dalam menunjang digital marketing menggunakan metode Fuzzy-Delphi, setelah indikator ditetapkan maka ditentukan bobot dari setiap indikator menggunakan metode Fuzzy-AHP. Setiap bobot setiap indikator didapatkan, rancangan penilaian diujikan kepada IKM yang mewakili penelitian. Hasil penilaian adalah dari sebanyak 14 IKM yang menjadi perwakilan penelitian, 12 dari IKM tersebut memiliki tingkat kesiapan sedang, dan 2 IKM memiliki tingkat kesiapan adopsi tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Rika Ampuh Hadiguna, IPU.
Uncontrolled Keywords: Adopsi Teknologi, Analytical Hierarchy Process (AHP), Digital Marketing, Fuzzy-Delphi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:55
Last Modified: 16 Feb 2024 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462141

Actions (login required)

View Item View Item