Pengujian Pengaruh Votex Generator pada Titik Separasi Terhadap Fenomena Stall UAV

Teddy, Aristo Carnova (2024) Pengujian Pengaruh Votex Generator pada Titik Separasi Terhadap Fenomena Stall UAV. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Skripsi - Copy - Copy (1).pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan - Teddy.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup) - Teddy.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Teddy.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Skripsi full text)
1910912001 - Teddy Aristo Carnova - Laporan Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pesawat AFRG-022 adalah pesawat tanpa awak bertipe fixed wing yang melaju dan bermanuver pada keccepatan yang tinggi. Manuver yang dilakukan dengan terlalu ekstrim atau dengan sudut serang yang cukup tinggi dapat menyebabkan stall atau kehilangan gaya angkat pada pesawat tanpa awak. Penelitian ini menginvestigasikan masalah stall pada pesawat AFRG-022 yang bermanuver pada sudut serang yang cukup tinggi dan mengusulkan penambahan vortex generator pada titik separasi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah meningkatkan stabilitas dan kinerja penerbangan pesawat tanpa awak, serta menemukan refensi peletakan vortex generator yang berguna untuk menunda stall pada pesawat tanpa awak. Metode penelitian ini terdiri dari simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) menggunakan perangkat lunak ansys fluent dan eksperimental di wind tunnel. Melalui simulasi CFD dapat dilihat beberapa referensi titik separasi yang terjadi disepanjang sayap pesawat melalui profil airfoil dari sayap pesawat tanpa awak itu sendiri. Sementara itu, ekperimen pada wind tunnel digunakan untuk mengetahui efek dari penambahan vortex generator terhadap koefisien angkat (CL) dan koefisien hambat pesawat (CD) dengan cara memvariasikan kecepatan aliran udara masuk dan sudut serang yang dialami oleh pesawat tanpa awak. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, didapatkan bahwa dengan penambahan komponen vortex generator dapat menunda stall pada pesawat tanpa awak dengan nilai koefisien angkat sebelum penambahan adalah sebesar 0.958284 pada sudut serang 20°, sedangkan dengan penambahan vortex generator, dihasilkan nilai koefisien angkat maksimal 1.412895 pada sudut serang 25° dan titik referensi separasi pada 9% chordline airfoil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.-Ing Uyung Gatot S. Dinata, MT
Uncontrolled Keywords: unmanned aerial vehicle, Stall, Separasi, Vortex Generator, Terowongan Angin, airfoil
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:19
Last Modified: 06 Feb 2024 07:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461828

Actions (login required)

View Item View Item