Turahmah, Aulia (2024) Kinerja Pemerintah Nagari Punggasan Timur dalam Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (101kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I PENDAHULUAN..pdf - Published Version Download (232kB) |
|
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR (PENUTUP KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (43kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (148kB) |
|
Text (FUll)
Skripsi full Aulia Turahmah WATERMARK_removed-1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini merupakan penelitian yang bertujuan mendeskripsikan Kinerja Pemerintah Nagari Punggasan Timur Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi. Dilatarbelakangi dengan rendahnya kualitas pelayanan, produktivitas yang masih masih minim, minimnya Pemerintah Nagari Punggasan Timur dalam menanggapi keluhan masyarakat, dan masih banyak kendala seperti kelengkapan sarana dan prasarana yang masih kurang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dengan teknik pemilihan informan secara purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori kinerja organisasi yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto, meliputi produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja Pemerintah Nagari Punggasan Timur dalam pelayanan administrasi belum optimal secara keseluruhan, hal tersebut diketahui dari seluruh ukuran kinerja organisasi dari produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas belum terpenuhi oleh Pemerintah Nagari Punggasan Timur. Peneliti menemukan bahwa kinerja Pemerintah Nagari Punggasan Timur belum maksimal dalam memberikan kualitas layanan kepada masyarakat, seperti dalam melakukan pemeliharaan dan penambahan sarana prasarana di Kantor Wali Nagari, Pemerintah Nagari Punggasan Timur belum mengembangkan pelatihan-pelatihan dalam peningkatan sumber daya manusia perangkat, tidak adanya akses informasi yang jelas. Oleh karena itu, Pemerintah Nagari Punggasan Timur diharapkan dapat mengoptimalkan ukuran kinerja yang belum tercapai dan memadai, agar Pemerintah Nagari Punggasan Timur dapat memberikan pelayanan administrasi yang prima sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Ichsan Kabullah, S.IP Kusdarini, S.IP, M.PA |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja; Pemerintah Nagari; Pelayanan Administrasi; Nagari Punggasan Timur; Kabupaten Pesisir Selatan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | S1 Administrasi Public |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 03:50 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:28 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461781 |
Actions (login required)
View Item |