EFEK EKSTRAK ETANOL KULIT MANGGA GOLEK (Mangifera indica) TERHADAP JUMLAH ERITROSIT, HISTOPATOLOGI HATI DAN GINJAL PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus)

Nindy, Natasya N (2023) EFEK EKSTRAK ETANOL KULIT MANGGA GOLEK (Mangifera indica) TERHADAP JUMLAH ERITROSIT, HISTOPATOLOGI HATI DAN GINJAL PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN)
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang memberikan kontribusi besar dalam sektor komoditas buah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek ekstrak kulit mangga terhadap jumlah eritrosit mencit putih jantan; efek esktrak kulit mangga terhadap histopatologi hati mencit putih jantan; efek esktrak kulit mangga terhadap histopatologi ginjal mencit putih jantan; mengetahui senyawa bioaktif yang menimbulkan efek toksik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental rancangan acak lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 5 ulangan (Kontrol, P1 100 mg/KgBB, P2 150 mg/KgBB, P3 200 mg/KgBB) perlakuan dilakukan selama 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kulit mangga dosis 100, 150, 200 mg/KgBB mengakibatkan penurunan jumlah eritrosit secara signifikan, pada histologi hati efek pemberian ekstrak kulit mangga juga dapat menimbulkam kerusakan pada histopatologi hati, hal ini ditandai dengan perubahan histopatologi hati pada sel nekrosis dan sel radang yang paling tinggi mengalami kerusakan berat pada Perlakuan P3 dosis 200 mg/KgBB, dan hasil analisis statistik pemberian ekstrak kulit mangga berbeda signifikan dengan kelompok kontrol. Efek pemberian ekstrak kulit mangga dapat menimbulkan kerusakan pada histopatologi ginjal dan memicu perubahan histologi yang meliputi pelebaran kapsul bowman, glomerulus, dan kenaikan jumlah sel nekrosis. Dari data penelitian dapat disimpulkan adanya zat toksik yang terkandung dalam ektrak kulit mangga memberikan efek negatif pada jumlah eritrosit, histopatologi hati dan ginjal mencit. Kata Kunci: Ekstrak kulit mangga, eritrosit, histopatologi, hati, ginjal

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Efrizal
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 05 Jan 2024 08:14
Last Modified: 05 Jan 2024 08:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460856

Actions (login required)

View Item View Item