Gambaran Regulasi Emosi pada Remaja dengan Gangguan Pendengaran (Hearing Impairment)

Kamelia, Putri (2023) Gambaran Regulasi Emosi pada Remaja dengan Gangguan Pendengaran (Hearing Impairment). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover+Abstrak - Kamelia Putri.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan - Kamelia Putri.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup - Kamelia Putri.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - Kamelia Putri.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL TEXT - Kamelia Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Remaja dengan gangguan pendengaran merupakan remaja yang kehilangan antara 27 sampai 69 dB dan sisa pendengaran tersebut masih memungkinkan mereka untuk dapat memproses informasi bahasa sehingga mengerti pembicaraan dari orang lain. Perbedaan yang khas seperti kondisi fisik, kemampuan bahasa, emosional, dan pandangan negatif dari diri mereka sendiri terhadap lingkungan menyebabkan mereka mengalami kesulitan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran regulasi emosi pada remaja dengan gangguan pendengaran (hearing impairment). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Responden penelitian ini berjumlah 74 orang remaja dengan gangguan pendengaran yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan adaptasi alat ukur Difficulties in Emotion Regulation Scale (DERS), dengan nilai reliabilitas .874. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar regulasi emosi remaja dengan gangguan pendengaran berada pada kategori tinggi. Regulasi emosi yang tinggi pada remaja dengan gangguan pendengaran berarti mereka memiliki kemampuan untuk melibatkan kesadaran dan pemahaman terhadap emosi, menerima emosi tersebut, serta dapat mengontrol perilaku impulsif agar dapat berperilaku sesuai tujuan saat mengalami emosi negatif dan mampu untuk menggunakan strategi regulasi emosi yang baik sesuai situasi secara fleksibel. Kata Kunci: Remaja, Gangguan Pendengaran (Hearing Impairment), Regulasi Emosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Septi Mayang Sarry, M.Psi., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 28 Dec 2023 01:39
Last Modified: 28 Dec 2023 01:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460070

Actions (login required)

View Item View Item