Aneke, Anelia Putri (2019) KREDIT PADA BANK NAGARI CABANG PEMBANTU PASAR IBUH PAYAKUMBUH DALAM MEMBANTU USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (cover)
cover.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (92kB) | Preview |
|
Text (tugas akhir fulltext)
TA Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bisnis perbankan adalah bisnis yang paling ramai dibicarakan diberbagai forum baik nasional maupun internasional. Ramainya pembicaraan masalah ini dikarenakan lembaga perbankan mempunyai peranan yang amat strategis dalam menggerakkan roda perekonomian suatu negara. Peranan itu di tunjukkan pada fungsi bank sebagai financial intermediary atau perantara antara pihak kelebihan dana (Surplus Spending Unit/ SSU) dan pihak yang membutuhkan dana (defisit Spending Unit/DSU). Dengan demikian, pelaku ekonomi yang membutuhkan dana untuk menunjang kegiatanya baik untuk usaha maupun kebutuhan lainnya dapat terpenuhi dan kemudian roda perekonomian pun bergerak. Dari pengertian bank menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 dapat disimpulkan bahwa usaha perbankan meliputi tiga kegiatan, yaitu menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa-jasa bank lainnya. Kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana merupakan kegiatan pokok bank sedangkan memberikan jasa bank lainnya hanya kegitan pendukung. Kegiatan menghimpun dana, berupa mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan giro, tabungan, dan deposito. Biasanya sambil diberikan balas jasa yang menarik seperti bunga dan hadiah sebagai strategi dalam menarik nasabah agar lebih senang dalam menabung. Untuk kegitan menyalurkan dana, berupa pemberian pinjaman atau pembiayaan kepada masyarakat yang membutuhkan dana. Sedangkan jasa-jasa perbankan lainnya diberikan untuk mendukung kelancaran kegiatan utama tersebut. Jasa-jasa yang diberikan bank berupa pengiriman uang (transfer), kliring (clearing), inkaso, letter of credit (L/C), safe deposite box, bank garansi, bank notes, travelers cheque dan jasa lainnya. Lengkap atau tidaknya jasa bank yang diberikan sangat tergantung dari kemampuan bank tersebut, baik dari segi modal, perlengkapan fasilitas, sampai kepada kemampuan dalam pengoperasikannya.selain itu kelengkapan jasa bank juga dilihat dari jenis bank pakah bank umum atau bank perkreditan rakyat atau dapat pula dilihat dari segi status bank tersebut apakah bank devisa atau non devisa. Semakin lengkap jasa jasa yang ditawarkan oleh perbankan semakin menarik minat nasabah. “
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Rini Rahmahdian S, SE, MSE |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Keuangam |
Depositing User: | d3 keuangan perbankan |
Date Deposited: | 24 May 2019 10:58 |
Last Modified: | 24 May 2019 10:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45743 |
Actions (login required)
View Item |