Evaluasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Kota Layak Anak Dalam Pemenuhan Hak Anak Klaster Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif

Fariz, Hadyan Bendry (2023) Evaluasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Kota Layak Anak Dalam Pemenuhan Hak Anak Klaster Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak Fariz Hadyan Bendry.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I FARIZ HADYAN BENDRY.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI (PENUTUP) FARIZ HADYAN BENDRY.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FARIZ HADYAN BENDRY.pdf - Published Version

Download (934kB)
[img] Text (Skrispsi Full Text)
Draft Skripsi_Fariz Hadyan Bendry_1910842008 (4).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Kota Layak Anak bertujuan sebagai acuan terkait penyelenggaraan KLA di Kota Padang. Kota Layak Anak sendiri yaitu kota yang memiliki suatu basis sistem hak anak dengan mengintegrasikan komitmen dan sumber daya yang tersedia dari pemerintah masyarakat serta dunia usaha, yang direncana secara menyeluruh serta berkelanjutan dalam peraturan, program-program dan kegiatan untuk terjaminnya pemenuhan hak dan perlindungan anak. Penelitian ini berfokuskan pada salah satu klaster pemenuhan hak anak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana ketercapaian tujuan kebijakan KLA dalam pemenuhan hak anak di lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif dengan perspektif evaluasi kebijakan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai informan terkait kebijakan KLA dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sumber data dan ditambah dengan Observasi dan Dokumentasi sebagai data pendukung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi kebijakan yang dikemukakan Leo Agustino yang terdiri dari variabel yaitu Sumber Daya Aparatur; Kelembagaan; Sarana, Prasarana, dan Teknologi; Finansial; dan Regulasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa tujuan kebijakan Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 12 Tahun 2019 Untuk Pemenuhan Hak Anak Klaster Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif belum tercapai dalam tujuan kebijakannya. Hal ini terjadi karena masih ada kurangnya pemahaman aparatur terkait tupoksi dalam perda KLA yang disebabkan adanya egosektoral serta rotasi pegawai dan kepemimpinan. Lalu, kriteria sarana, prasarana dan teknologi belum maksimal karena masih ada sarana yang masih belum terpenuhi di dalamnya. Serta untuk finansial dan regulasi pendukung juga belum maksimal dikarenakan anggaran yang tersedia sekarang masih belum mencukupi serta adanya beberapa peraturan yang perlu direvisi dan diperbaiki dalam kebijakan ini. Akan tetapi pada variable kelembagaan sudah cukup baik dimana sudah jelas sistem organisasi yang dijalankan serta koordinasi dan sinergitas yang dibangun dan dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP
Uncontrolled Keywords: Evaluasi kebijakan, KLA, Lingkungan keluarga dan Pengasuhan Alternatif
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:45
Last Modified: 24 Oct 2023 03:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455569

Actions (login required)

View Item View Item