FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPSIAGAAN TERHADAP GEMPA BUMI PADA GURU DI SD KAWASAN PESISIR PANTAI KECAMATAN PADANG BARAT TAHUN 2018

Dinia, Hafizah Z (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPSIAGAAN TERHADAP GEMPA BUMI PADA GURU DI SD KAWASAN PESISIR PANTAI KECAMATAN PADANG BARAT TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR .pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Kesiapsiagaan guru di sekolah dasar sangat dominan dalam membekali siswa dengan pengetahuan tentang kebencanaan melalui pembelajaran di sekolah. Berdasarkan survei awal ditemukan bahwa 66.7% guru belum siap dalam menghadapi gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kesiapsiagaan terhadap gempa bumi pada guru di SD Kawasan Pesisir Pantai Kecamatan Padang Barat Tahun 2018. Metode Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2018-Februari 2019 di Kecamatan Padang Barat, dengan menggunakan desain cross-sectional. Jumlah populasi adalah 80 orang guru dan sampel sebanyak 48 orang guru dengan teknik pengambilan sampel secara Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil Hasil yang didapatkan berdasarkan analisis univariat menunjukan bahwa kurang dari separuh responden belum siap terhadap gempa bumi yaitu 47.9%. Hasil analisis bivariat didapatkan bahwa pengetahuan (p=0.019) dan sikap (p= 0.022) memiliki hubungan dengan kesiapsiagaan, sedangkan pengalaman (p=0.086) dan masa kerja (p=0.343) tidak memiliki hubungan dengan kesiapsiagaan. Kesimpulan Kurang dari separuh responden belum siap dalam menghadapi gempa bumi. Pengetahuan dan sikap berhubungan dengan kesiapsiagaan gempa bumi, sedangkan pengalaman dan masa kerja tidak berhubungan dengan kesiapsiagaan gempa bumi. Untuk itu, diharapkan adanya pengadaan penyuluhan dan pelatihan kebencanaan yang rutin dari pihak terkait sehingga para guru dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesiapsiagaan. Kata Kunci: kesiapsiagaan, guru SD, gempa bumi. ABSTRACT Objective Preparedness of teacher in elementary school is important to determine the level of student’s knowledge about preparedness through learning process in school. Early findings have revealed that 66.7% teachers are not ready to face earthquake. This study was purposed to determine related factors to earthquake disaster preparedness among teachers at elementary schools in The Coastal Area of Padang Barat Sub-district 2018. Methods This research was conducted in December 2018-February 2019 in Padang Barat Sub-district using cross-sectional study. There are 80 teachers as population and 48 teachers as samples selected by Proportional Random Sampling method. Data collection is done with interview using questionnaire. Data were analyzed using univariate and bivariate analysis with Chi-Square test. Results The findings based on univariate analysis have revealed that less than half of the respondents are not ready to face earthquake of 47.9%. The findings based on bivariate analysis showed that knowledge (p=0.019) and behavior (p=0.022) were related to preparedness, meanwhile experience (p=0.086) and year of works (p=0.343) have no relationship with preparedness. Conclusion Less than half of the respondent are not ready to face earthquake knowledge and behavior are the related variable meanwhile experience and year of works are the unrelated variable. Training programs of preparedness should be continuously implemented for train the teachers to actively deal with disaster preparedness Keywords: preparedness, teacher of elementary school, earthquake.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nizwardi Azhka SKM, MPPM, M.Pd, M.Si
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 22 May 2019 12:34
Last Modified: 22 May 2019 12:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45229

Actions (login required)

View Item View Item