PENYISIHAN NITROGEN DENGAN PROSES ANAMMOX PADA UP-FLOW ANAEROBIC SLUDGE BLANKET (UASB) REAKTOR MEMANFAATKAN BOTOL MINUMAN KEMASAN SEBAGAI MEDIA LEKAT

Dollas, Jenni Saputra (2019) PENYISIHAN NITROGEN DENGAN PROSES ANAMMOX PADA UP-FLOW ANAEROBIC SLUDGE BLANKET (UASB) REAKTOR MEMANFAATKAN BOTOL MINUMAN KEMASAN SEBAGAI MEDIA LEKAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
File 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja penyisihan nitrogen menggunakan proses anaerobic ammonium oxidation (anammox). Percobaan dilakukan menggunakan reaktor upflow anaerobic sludge blanket (UASB) dalam mengolah limbah artifisial domestik pada suhu ruang dengan botol minuman kemasan sebagai media lekat bakteri anammox. Reaktor dioperasikan pada konsentrasi ammonium dan nitrit yang diatur 70 mg-N/L dengan variasi hydraulic retention time (HRT) yaitu 24 jam dan 12 jam. Pengujian penyisihan nitrogen menggunakan metoda spektrofotometer UV-Vis untuk analisis ammonium, nitrat, dan nitrit. Penelitian ini menggunakan limbah artifisial dan bakteri anammox dengan genus Candidatus Brocadia berbentuk biofilm. Berdasarkan hasil pengukuran, didapatkan nilai rasio stoikiometri ΔNH4-N:ΔNO2-N dan ΔNO3:ΔNH4 sebesar 1,16 dan 0,24. Kinerja penyisihan nitrogen pada HRT 24 jam diperoleh nilai nitrogen removal rate (NRR) maksimum 0,12 kg-N/m3.d dengan nitrogen loading rate (NLR) 0,15 kg-N/m3.d, dan pada HRT 12 jam nilai NRR maksimum 0,20 kg-N/m3.d pada NLR 0,30 kg-N/m3.d. Efesiensi penyisihan dari ammonium conversion efficiency (ACE) dan nitrogen removal rate (NRE) maksimum pada HRT 24 jam berturut-turut adalah 89% dan 80%, sedangkan efesiensi penyisihan ACE dan NRE maksimum pada HRT 12 jam berturut-turut adalah 75% dan 70%. Penelitian membuktikan bahwa proses anammox mampu diaplikasikan untuk penyisihan nitrogen dan bakteri anammox tumbuh pada media lekat botol minuman kemasan pada suhu 23-28oC. Kata Kunci: anammox, UASB, NLR, NRR, NRE, ACE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ZULKARNAINI, Dr. Eng
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 21 May 2019 15:44
Last Modified: 21 May 2019 15:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45105

Actions (login required)

View Item View Item