Analisis Produktivitas Petani Penggarap yang Bekerja dengan Akad Muzara'ah dan Sistem Upah ( Studi Kasus : Petani Bawang Merah Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Eka, Desvira (2019) Analisis Produktivitas Petani Penggarap yang Bekerja dengan Akad Muzara'ah dan Sistem Upah ( Studi Kasus : Petani Bawang Merah Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB 1 Pendahuluan pdf.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
3. BAB VI Penutup pdf.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produktivitas petani penggarap yang bekerja dengan akad muzara’ah atau bagi hasil dan sistem upah di Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada 100 responden dan juga wawancara di lapangan. Variabel yang di analisis dalam penelitian ini adalah variabel produktivitas, kesejahteraan petani dan efisiensi kontrak. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang menggunakan analisis Crosstab (Tabulasi Silang) dan pengujian hipotesis independent sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akad muzara’ah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nagari dan petani penggarap yang bekerja dengan akad muzara’ah (bagi hasil) memiliki produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan petani penggarap yang bekerja dengan sistem upah. Keyword : Produktivitas, Petani Penggarap, Akad Muzara’ah (Bagi Hasil) dan Sistem Upah, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Endrizal Ridwan, SE, M.Ec. Ph.D
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 20 May 2019 14:14
Last Modified: 20 May 2019 14:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44912

Actions (login required)

View Item View Item