Pertumbuhan miselium jamur merang (Volvariella volvacea (Bull.) Singer) indigenous tandan kosong kelapa sawit dalam beberapa media pembibitan serta produksinya

Endah, Murwandari (2019) Pertumbuhan miselium jamur merang (Volvariella volvacea (Bull.) Singer) indigenous tandan kosong kelapa sawit dalam beberapa media pembibitan serta produksinya. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1. Pendahuluan)
BAB 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5. Penutup)
BAB 5. Penutup.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img] Text (Tesis full)
Full Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian mengenai Pertumbuhan Miselium Jamur Merang (Volvariella volvacea (Bull.) Singer) Indigenous Tandan Kosong Kelapa Sawit dalam Beberapa Media Pembibitan serta Produksinya telah dilakukan dari bulan Juli sampai Desember 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertumbuhan miselium Jamur Merang indigenous TKKS secara in-vitro dalam berbagai media agar, menentukan pertumbuhan miselium Jamur Merang terbaik dan aktivitas selulase dalam media bibit tebar, menentukan perlakuan media TKKS yang menghasilkan produksi tubuh buah Jamur Merang terbaik, dan untuk menganalisis aktivitas selulase dan protease tubuh buah Jamur Merang yang dihasilkan. Manfaat penelitian ini diharapkan memberi kemudahan kapada masyarakat untuk mendapatkan bibit Jamur Merang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey, pengambilan sampel secara purposive sampling dan selanjutnya dilakukan pengolahan sampel dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan pertumbuhan miselium Jamur Merang indigenous TKKS pada media agar terbaik secara in-vitro diperoleh dari perlakuan media formulasi alami agar (Potato Sukrose Agar). Sedangkan pertumbuhan miselium jamur merang pada bibit tebar terbaik diperoleh dari perlakuan media TKKS, sedangkan aktivitas selulase tertinggi diperoleh dari perlakuan jerami-TKKS. Setelah didapatkan media terbaik dalam membudidaya jamur, selanjutnya bibit terbaik tersebut diaplikasikan pada Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) untuk melihat produksi yang dihasilkan. Produksi Jamur Merang terbaik yaitu perlakuan ternaungi dapat meningkatkan produksi. Hasil produksi yang didapatkan dilakukan uji aktivitas enzim pada tubuh buah jamur merang. Tubuh buah pasca panen memiliki aktivitas selulase tertinggi pada perlakuan ternaungi, sedangkan aktivitas protease tertinggi perlakuan kontrol. Kata kunci: Jamur Merang, Volvariella volvacea, Bibit, Selulase, Protease.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.phil.nat. Nurmiati
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 20 May 2019 10:17
Last Modified: 20 May 2019 10:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44781

Actions (login required)

View Item View Item