ANALISIS PENDAPATAN USAHA PERBIBITAN SAPI POTONG STUDY KASUS PADA USAHA TANI NASMALIN DI NAGARI SALIMPAUANG KECAMATAN SALIMPAUANG KABUPATEN TANAH DATAR

Annisa, Annisa Mutiar (2019) ANALISIS PENDAPATAN USAHA PERBIBITAN SAPI POTONG STUDY KASUS PADA USAHA TANI NASMALIN DI NAGARI SALIMPAUANG KECAMATAN SALIMPAUANG KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abtrak)
abstrak..pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka..pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fultexs.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan produksi dalam penerapan aspek teknis, performa reproduksi dan untuk mengetahui pendapatan yang diperoleh pada skala usaha perbibitan sapi potong Nasmalin, yang terletak di Nagari Salimpauang Kecamatan Salimpauang Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Penelitian ini dilaksanakan lebih kurang satu bulan pada bulan Desember 2018. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui penerapan aspek teknis digunakan analisis deskriptif kualitatif, untuk mengetahui performans reproduksi ternak sapi dan besarnya pendapatan digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa aspek teknis yaitu bibit, jenis bibit yang digunakan adalah peranakan simental. Pakan yang diberikan berupa jerami fermentasi. Kandang yang digunakan dibuat semi permanen dengan luas ± 250 m2 dengan ukuran kandang 1.5 m×3 m2/ekor ternak sapi. Tatalaksana pemeliharaan ternak dilaksanakan secara intensif, untuk memandikan sapi dilakukan sekali dalam satu minggu, membersihkan kandang dilakukan dua kali sehari yaitu pada setiap pagi hari dan sore hari. Kotoran sapi dijadikan pupuk kompos. Pencatatan (recording) tidak dilakukan secara lengkap. Obat yang diberikan hanya obat cacing, angka kelahiran 41.66 % dan tidak ada angka kematian, calving interval 12 bulan 8 hari pada sapi yang dipelihara. Besar pendapatan yang diperoleh oleh Usaha perbibitan sapi potong Nasmalin Nagari Salimpauang Kecamatan Salimpauang Kabupaten Tanah Datar dengan skala usaha 65 ekor sapi pada Januari-Desember 2018 adalah Rp.283.115.400 dengan R/C ratio 2.9. Kata Kunci: Aspek Teknis, Performan Reproduksi, Pendapatan, Kelompok Tani, Sapi Potong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arfai, M.S
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 17 May 2019 15:23
Last Modified: 17 May 2019 15:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44752

Actions (login required)

View Item View Item