STRATEGI PENGEMBANGAN DISTRIBUSI FISIK PERDANA PAKET DATA PT TELKOMSEL DI CHANNEL DISTRIBUSI INDIRECT (OUTLET) YANG BERORIENTASI PADA PENCAPAIAN TARGET REVENUE PERUSAHAAN (Studi Kasus : Cabang Surabaya)

Muhammad, Susilo Adiyanto (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN DISTRIBUSI FISIK PERDANA PAKET DATA PT TELKOMSEL DI CHANNEL DISTRIBUSI INDIRECT (OUTLET) YANG BERORIENTASI PADA PENCAPAIAN TARGET REVENUE PERUSAHAAN (Studi Kasus : Cabang Surabaya). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full text)
Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Semakin ketatnya bisnis telekomunikasi membuat masing-masing operator khususnya Telkomsel yang menjadi objek penelitian harus memikirkan strategi khusus untuk mencapai target yang ditentukan. Salah satu strategi yang menopang bisnis telekomunikasi adalah strategi distribusi perdana. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan strategi distribusi yang akan dipilih dan dikembangkan oleh PT Telkomsel khususnya di wilayah Branch Surabaya sehingga dapat menjadi sebuah masukkan bagi manajemen untuk mengambil kebijakan dalam rangka pencapaian target revenue perusahaan.Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, TOWS Matriks dan Matriks IE yang kemudian dilakukan tahap pemilihan strategi. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuisioner dimana yang menjadi responden adalah responden yang expert di bidangnya. Pertama melakukan identifikasi kondisi distribusi di industri telekomunikasi. Kemudian melakukan eksternal dan internal, lalu dilakukan pembobotan faktor internal (IFAS) dan pembobotan eksternal (EFAS). Lalu Akan dilakukan pemetaan posisi perusahaan dan perumusan strategi berdasar TOWS Matriks. Langkah selanjutnya adalah memilih strategi menggunakan QSPM. Setelah strategi didapat maka dilakukan analisa dan intrepetasi data.Hasil yang didapat adalah melakukan distribusi perdana paket data ke all channel distribusi penjualan dengan cara pembelian paket data yang lebih fleksibel didukung dengan sub starteginya yaitu melakukan proses distribusi CDMP yang lebih ketat dan detail lagi. Dari segi finansial sebaiknya perlu diberlakukan sistem pembelian dan pembayaran paket data dengan metode cash, konsinyasi dan tempo. Metode cash berarti setiap outlet melakukan pembelian paket data kepada mitra Telkomsel maka langsung dibayarkan saat itu juga. Metode konsinyasi berarti perdana akan dititipkan ke outlet sejumlah tertentu kemudian outlet membayar sebanyak perdana yang laku. Kata Kunci: distribusi, channel, outlet, paket data, revenue.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Herri, SE, MBA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 22 May 2019 13:40
Last Modified: 22 May 2019 13:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44732

Actions (login required)

View Item View Item