Muhammad, Susilo Adiyanto (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN DISTRIBUSI FISIK PERDANA PAKET DATA PT TELKOMSEL DI CHANNEL DISTRIBUSI INDIRECT (OUTLET) YANG BERORIENTASI PADA PENCAPAIAN TARGET REVENUE PERUSAHAAN (Studi Kasus : Cabang Surabaya). Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version Download (631kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI Penutup)
Penutup.pdf - Published Version Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
Text (Tesis Full text)
Tesis.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Semakin ketatnya bisnis telekomunikasi membuat masing-masing operator khususnya Telkomsel yang menjadi objek penelitian harus memikirkan strategi khusus untuk mencapai target yang ditentukan. Salah satu strategi yang menopang bisnis telekomunikasi adalah strategi distribusi perdana. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan strategi distribusi yang akan dipilih dan dikembangkan oleh PT Telkomsel khususnya di wilayah Branch Surabaya sehingga dapat menjadi sebuah masukkan bagi manajemen untuk mengambil kebijakan dalam rangka pencapaian target revenue perusahaan.Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, TOWS Matriks dan Matriks IE yang kemudian dilakukan tahap pemilihan strategi. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuisioner dimana yang menjadi responden adalah responden yang expert di bidangnya. Pertama melakukan identifikasi kondisi distribusi di industri telekomunikasi. Kemudian melakukan eksternal dan internal, lalu dilakukan pembobotan faktor internal (IFAS) dan pembobotan eksternal (EFAS). Lalu Akan dilakukan pemetaan posisi perusahaan dan perumusan strategi berdasar TOWS Matriks. Langkah selanjutnya adalah memilih strategi menggunakan QSPM. Setelah strategi didapat maka dilakukan analisa dan intrepetasi data.Hasil yang didapat adalah melakukan distribusi perdana paket data ke all channel distribusi penjualan dengan cara pembelian paket data yang lebih fleksibel didukung dengan sub starteginya yaitu melakukan proses distribusi CDMP yang lebih ketat dan detail lagi. Dari segi finansial sebaiknya perlu diberlakukan sistem pembelian dan pembayaran paket data dengan metode cash, konsinyasi dan tempo. Metode cash berarti setiap outlet melakukan pembelian paket data kepada mitra Telkomsel maka langsung dibayarkan saat itu juga. Metode konsinyasi berarti perdana akan dititipkan ke outlet sejumlah tertentu kemudian outlet membayar sebanyak perdana yang laku. Kata Kunci: distribusi, channel, outlet, paket data, revenue.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Herri, SE, MBA |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 magister manajemen |
Date Deposited: | 22 May 2019 13:40 |
Last Modified: | 22 May 2019 13:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44732 |
Actions (login required)
View Item |