ANALISA PENGARUH KETIDAKSETIMBANGAN BEBAN TERHADAP RUGI-RUGI DAYA PADA SALURAN JARINGAN TEGANGAN RENDAH (PT. PLN RAYON BELANTI PADANG)

Rizky, Purwanto (2019) ANALISA PENGARUH KETIDAKSETIMBANGAN BEBAN TERHADAP RUGI-RUGI DAYA PADA SALURAN JARINGAN TEGANGAN RENDAH (PT. PLN RAYON BELANTI PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + Abstrak.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
bab 1 fix.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
bab 5 fix.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ketidaksetimbangan beban pada jaringan kelistrikan merupakan permasalahan dalam penyaluran energi listrik yang berefek pada menurunnya kualitas distribusi tenaga listrik. Hal ini dikarenakan ketidaksetimbangan beban memunculkan arus netral yang nantinya meningkatkan rugi-rugi daya yang timbul pada sistem kelistrikan. Ketidaksetimbangan beban yang diizinkan oleh IEEC adalah sebesar 5% dari setiap arus fasanya, sedangkan transformator yang ada pada masing-masing feeder di Rayon Belanti memiliki persentase berkisar antara 4,17% sampai dengan 45,53% yang mana mayoritas masing-masing transformator tersebut sudah berada diatas batas yang diizinkan yakni besar dari 5%. Akibat persentase ketidaksetimbangan beban yang besar ini menimbulkan arus netral. Arus netral yang timbul akan memunculkan rugi-rugi daya, dimana rata-rata kerugian tersebut yakni sebesar 18.831,30 kWh pada kondisi Lewat Waktu Beban Puncak dan sebesar 7.237,12 kWh pada kondisi Waktu Beban Puncak. Dimana jika ditotalkan sebesar 26.068,41 kWh per harinya. Rekomendasi perbaikan yang disarankan yakninya dengan melakukan penataan ulang keseluruhan beban pada masing-masing fasa R,S, dan T. Dengan melakukan penyeimbangan beban pada masing-masing fasa maka nilai rugi-rugi daya yang timbul akan dapat dikurangi. Kata kunci: Ketidaksetimbangan beban, rugi-rugi daya, arus netral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Novizon, Ph.D
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 22 May 2019 10:45
Last Modified: 22 May 2019 10:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44682

Actions (login required)

View Item View Item