ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS DI RSUP DR M DJAMIL PADANG )

IRAYANTI, IRAYANTI (2015) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS DI RSUP DR M DJAMIL PADANG ). Masters thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201507311155st_tesis irayanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan RSUP Dr M Djamil Padang masih banyak dikeluhkan pelanggan, oleh sebab itu perlu perbaikan kinerja menyeluruh. Untuk itu perlu diamati kinerja RS yang sudah berlangsung. Penelitian ini bertujuan menganalisis kiner ja rumah sakit dengan pendekatan Balanced Scorecard. Penelitian berjenis kuntitatif dan observasional deskriptif, dilaksanakan di RSUP Dr M Djamil, dari Agustus - Desember 2014. Populasi: 1981 karyawan dan 295.585 pelanggan. Sampel karyawan diambil secara stratified random sampling (338 orang), pelanggan secara accidental (404 orang). Data kepuasan pelanggan diperoleh dengan kuesioner, data kiner ja lainnya dikumpulkan dengan observasi laporan tahunan. Berdasarkan analisis data didapatkan: rasio ekonomi 88,87%, efisiensi 87,23%, efektivitas 126%, akuisisi pasien baru 34%, retensi pelanggan 66%, pengembangan produk baru 4 pertahun, pertumbuhan rawat jalan -11,65%, BOR 66,03%, BTO 30,36, TOI 4,09, ALOS 7,25, GDR 11/1000, NDR 7/1000, pelatihan karyawan 17,7 jam/tahun dan produktivias karyawan 265% pelanggan cukup puas. Penialai kiner ja keseluruhan cukup baik ( 41.17%). Keseluruhan kinerja RSUP Dr M Djamil Padang sudah cukup baik. Untuk mencapai kiner ja kategor i baik dan sangat baik perlu dilakukan; optimalisasi perencanaan dengan membuat skala prioritas kebutuhan institusi sesuai pagu anggaran. Lakukan antisipasi pemborosan melalui kajian epidemiologi dan perubahan pola penyakit serta prediksi kejadian luar biasa yang mungkin terjadi pada tahun anggaran ber jalan. Lakukan ef isiensi dengan mengurangi pengeluaran yang tidak bermanfaat, tingkatkan target pendapatan RS. Untuk meningkatkan kepuasan pasien utamakan layanan yang bermutu dan aman, perjelas uraian tugas dan kewenangan karyawan, lakukan penerapan konsep Customer Relationship Management (CRM), tingkatkan dan tambah pelatihan karyawan guna meningkatkan kopetensi dan prilaku melayani. Tingkatkan apresiasi karyawan agar lebih puas dalam bekerja, dengan meningkatkan koordinasi, penghargaan dan pengakuan atas keberadaan karyawan, perbaikan sistem pelayanan, mendorong inovasi dalam menyelesaikan pekerjaan dan menghargai inovasi karyawan, melengkapi ketersediaan informasi yang dibutuhkan dalam penyelesain tugas, memperjelas fungsi karyawan dan menekankan hal-hal penting yang akan dievaluasi dar i karyawan. Lakukan pengembangan atau konversi tempat tidur yang sudah ada , untuk antisipasi perkembangan RS ke depan. Daftar Kepustakaan : 73(1996-2013) Kata Kunci : Kinerja, Balanced Scorecard, RSUP Dr. M. Djamil Padang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana Tesis
Depositing User: Ms Ikmal Fitriyani Alfiah
Date Deposited: 04 Feb 2016 07:54
Last Modified: 04 Feb 2016 07:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item View Item