Novi, Endra (2019) PEMANFAATAN MODAL SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN USAHA RUBIK GANEPO DI JORONG PADANG KANDI VII KOTO TALAGO KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (439kB) | Preview |
|
|
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB akhir (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (262kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh Novi Endra.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK NOVI ENDRA, 1401812022. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Pemanfaatan Modal Sosial dalam Mengembangkan Usaha Rubik Ganepo di Jorong Padang Kandi VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Pembimbing I Drs. Wahyu Pramono, M.Si. Pembimbing II Drs. Rinaldi Ekaputra, M.Si. Rubik ganepo merupakan cemilan yang terbuat dari ubi kayu yang dipotong berbentuk persegi kecil dan dijadikan rubik ganepo yang warnanya kuning dari rempah alami yaitu kunyit. Usaha rubik ganepo ini sudah di ekspor dan mendapatkan berbagai penghargaan seperti One Village One Product (OVOP). Dimensi modal sosial jaringan, kepercayaan, dan norma dapat digunakan sebagai pendukung perkembangan usaha. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan modal sosial dalam mengembangkan usaha rubik ganepo di Jorong Padang Kandi. Penelitian ini menggunakan teori modal sosial Robert M.Z Lawang yang menjelaskan kepercayaan, jaringan, dan norma dalam Mengembangkan Usaha Rubik Ganepo. Penelitian ini menggunakn metode kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Informan penelitian diambil secara purposive sampling (secara sengaja). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengusaha membangun kepercayaan dengan pemasok melalui pembayaran ubi petani pemasok tepat waktu sesuai yang dijanjikan, cara membangun kepercayaan antara karyawan dengan pengusaha melalui seleksi atau uji coba dalam menjaga amanah yang diberikan oleh pengusaha dan dilihat komitmen karyawan dalam bekerja (hati-hati, rapi, jujur, tepat waktu, bertanggung jawab dll. Begitu juga antara sesama pengusaha kepercayaan itu dibangun dengan cara saling menjaga kepercayaan yang diberikan seperti menjaga resep rahasia turun temurun. Kepercayaan yang dibangun oleh pengusaha dengan distributor dengan menyediakan produk yang berkualitas. Cara membangun jaringan antara sesama pengusaha dengan mencari pengusaha lainnya untuk saling membantu, pengusaha membangun jaringan sosial dengan pemerintahan nagari dengan bergabung kedalam kelompok-kelompok pengusaha rubik ganepo. Pegusaha membangun jaringan dengan pemasok bahan baku dengan cara mencari teman-teman sekolah dan juga orang sekampung. Cara membangun jaringan dengan distributor melalui informasi rubik ganepo yang tersebar melalui teman-teman dekat, kerabat dan orang rantau yang membeli oleh-oleh saat pulang kampung. Norma yang dibangun untuk mengembangkan usaha yaitu nilai-nilai kejujuran, toleransi, saling menghargai, menjaga komitmen dalam memenuhi kewajiban antara pengusaha dengan aktor yang lain yang terlibat. Kata Kunci: Modal Sosial, Usaha Rubik Ganepo
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Drs. Wahyu Pramono, M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 15:03 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 15:03 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43607 |
Actions (login required)
View Item |