ANALISIS PERBANDINGAN MODEL PREDIKSI KEBANGKRUTAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN MODIFIKASI, SPRINGATE, ZMIJEWSKI DAN GROVER (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI, Periode 2015 – 2017)

DWI, KIKI INTAN SARI (2019) ANALISIS PERBANDINGAN MODEL PREDIKSI KEBANGKRUTAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN MODIFIKASI, SPRINGATE, ZMIJEWSKI DAN GROVER (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI, Periode 2015 – 2017). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (PENUTUP))
BAB V (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI LENGKAP JUGA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model prediksi kebangkrutan yang paling akurat dalam suatu perusahaan. Penelitian ini membandingkan hasil prediksi dari empat model prediksi kebangkrutan yaitu model Altman modifikasi, Springate, Zmijewski dan Grover. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan yang di publikasikan di website Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling sehingga didapat 53 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Analisis data berdasarkan laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi selanjutnya menghitung rasio-rasio keuangan dan data diolah dengan menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan keempat model prediksi kebangkrutan diketahui bahwa model Springate yang memberikan tingkat prediksi kebangkrutan tertinggi selama periode penelitian. Rata-rata persentase kebangkrutan sebesar 55%. Dilihat dari nilai cutt of model prediksi kebangkrutan lainnya, model Springate memilki nilai cutt off yang tidak terlalu tinggi yakni 0,862 sedangkan Altman modifikasi memberikan tingkat prediksi kebangkrutan sebesar 33% dengan cutt off 2,6. Model Zmijewski memberikan tingkat prediksi kebangkrutan sebesar 16% dengan nilai cutt off dibawah 0, dan model Grover memberikan tingkat prediksi kebangkrutan sebesar 14% dengan nilai cut off dibawah 0,01. Kata kunci: Laporan Keuangan, Kebangkrutan, Almant Modifikasi (Z-Score), Springate (S-Score), Zmijewski (X-Score), dan Grover (G-Score)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rayna Kartika, M.Com, Ak, CA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 24 Jan 2019 15:30
Last Modified: 24 Jan 2019 15:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42608

Actions (login required)

View Item View Item