Studi Perancangan dan Analisis Ekonomi Pembangunan PLTS Rooftop Untuk Mengkompensasi Konsumsi Energi Listrik Fakultas Teknik Universitas Andalas

Dona, Juliandri (2019) Studi Perancangan dan Analisis Ekonomi Pembangunan PLTS Rooftop Untuk Mengkompensasi Konsumsi Energi Listrik Fakultas Teknik Universitas Andalas. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
8.Bab 1 fix cetak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (Tesis full)
Thesis Full Cetak-converted (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini menyajikan analisis kelayakan ekonomi PLTS rooftop yang terhubung ke grid di atap gedung, untuk mengkompensasi beban listrik maksimum. Sistem kelistrikan Fakultas Teknik digunakan sebagai studi kasus kelayakan ekonomi adalah sistem PLTS. Asumsi perhitungan ekonomi yang digunakan adalah: tarif listrik Rp 1467,28 per kWh berdasarkan tarif listrik untuk tegangan menengah, estimasi degradasi modul tahunan 0,5% dan harapan hidup panel surya 25 tahun. Suku bunga menggunakan suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk 2018 yaitu 4,25% dan tingkat inflasi 5% juga dipertimbangkan. Investasi awal yang diperlukan untuk membangun 117,5 kWp sistem PV adalah Rp 2,413,004,750. Biaya operasional dan pemeliharaan diperkirakan 1% dari investasi awal per tahun. Hasil dari laju aliran kas menunjukkan bahwa NPV positif dapat dicapai dan waktu pengembalian kurang dari umur layak pakai panel surya. Waktu pengembalian modal sederhana adalah 10 tahun 6 bulan 7 hari dan periode pengembalian yang ddiskon dihitung dengan mempertimbangkan beberapa parameter menjadi 13 tahun 4 bulan 6 hari. Hasil analisis ekonomi menggunakan beberapa variasi nilai menunjukkan bahwa proyek tersebut menguntungkan. Kata kunci : Sistem PLTS rooftop terhubung ke grid, Kelayakan ekonomi, kompensasi beban maksimum.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Syafii,Ph.D
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik elektro
Date Deposited: 25 Jan 2019 11:11
Last Modified: 25 Jan 2019 11:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42540

Actions (login required)

View Item View Item