STUDI PENGGUNAAN CATU DAYA METODE PWM (PULSE WIDTH MODULATION) 2 PULSA BERBEDA 180° PADA LAMPU LED (LIGHT EMITTING DIODE)

Alex, Alex Arifandi (2019) STUDI PENGGUNAAN CATU DAYA METODE PWM (PULSE WIDTH MODULATION) 2 PULSA BERBEDA 180° PADA LAMPU LED (LIGHT EMITTING DIODE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu alat yang menggunakan energi listrik dan penting saat ini adalah lampu. Pada penelian ini dilakukan penelitian dengan sampel lampu Phillips LED Bulb 13 Watt yang dicatu dengan metoda PWM 2 Pulsa berbeda 180°. Pada penelitian ini dilakukan reduksi kedip cahaya dengan cara menyandingkan dua lampu yang dicatu 2 PWM yang berbeda pulsa 180°. Dengan cara ini diharapkan kedipan dari lampu bisa dikurangi atau dihilangkan Pengambilan data yang pertama dilakukan untuk 1 lampu LED yang dicatu tanpa mnggunakan PWM. Selanjutnya dilakukan pengambilan data pada 2 lampu LED yang dicatu menggunakan PWM 2 pulsa dengan beda pulsa 180°, duty cycle < 0,5. Pengambilan data dilakukan pada kondisi yang gelap untuk mendapatkan nilai kuat penerangan dengan menggunakan luxmeter. Untuk mengetahui konsumsi daya yang digunakan alat ukur yang dipakai adalah multimeter dan clampmeter. Penelitian ini menganalisa mana yang lebih baik metoda antara menggunakan sumber listrik PLN secara langsung atau menggunakan catu daya PWM 2 pulsa, dari data intensitas cahaya dan daya yang didapatkan pada lampu LED yang diuji pada penelitian ini. Berdasarkan hasil pengukuran dan analisa yang dilakukan pada penelitian, maka dapat diambil kesimpulan yaitu Kedipan lampu hilang pada frekuensi 20 Hz dengan duty cycle 50 %, dengan nilai efikasi 46.72 lumen/watt. Kata kunci : PWM, Arduino, Duty Cycle, frekuensi, Efisesi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ANDI PAWAWOI, M.T
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 24 Jan 2019 11:11
Last Modified: 24 Jan 2019 11:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42389

Actions (login required)

View Item View Item