ANALISIS KANDUNGAN TOTAL COLIFORM PADA AIR GALON DAN HIGIENE SANITASI PERORANGAN OPERATOR DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (Studi Kasus: Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang)

Nadya, Khairannisa Andrizal (2019) ANALISIS KANDUNGAN TOTAL COLIFORM PADA AIR GALON DAN HIGIENE SANITASI PERORANGAN OPERATOR DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (Studi Kasus: Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
a. Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Full Text TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan Total Coliform dan hubungannya dengan higiene sanitasi DAMIU di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Penelitian dilakuan dengan pengambilan sampel dan kuesioner. Sampel didapatkan dari 10 DAMIU yang terdiri dari air baku di dalam tandon dan air hasil produksi kemudian dilakukan secara duplo. Selanjutnya dilakukan wawancara menggunakan kuesioner kepada operator dan observasi untuk mengamati keadaan sanitasi DAMIU. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui jumlah Total Coliform yaitu metode MPN. Jenis pertanyaan pada kuesioner yaitu close ended question dengan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan kandungan Total Coliform pada air baku berkisar antara 12-64 MPN/100 ml dan air produksi berkisar antara 6,2-15 MPN/100 ml sehingga tidak memenuhi batas baku mutu berdasarkan Permenkes 492/2010 yaitu 0 MPN/100 ml. Setelah dilakukan uji pelengkap, diketahui 50% sampel air baku dan 20 % air produksi positif bakteri E. coli. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa sikap higiene pada DAMIU berada pada sikap “kurang”, “cukup” dan “baik”. Hubungan antara higiene sanitasi dengan keberadaan Total Coliform dalam AMIU adalah berbanding dan mempunyai korelasi sangat kuat dengan nilai r yaitu 0,770 pada higiene peralatan air baku, kemudian 0,751 pada higiene peralatan dan tempat produksi, dan 0,831 pada higiene sanitasi operator. Higiene operator merupakan aspek yang paling mempengaruhi diantara ketiga aspek tersebut dilihat dari nilai r yang paling besar. Kata Kunci: DAMIU, higiene sanitasi, Koto Tangah Kota Padang, Total Coliform,

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: RINDA ANDHITA REGIA, MT
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 22 Jan 2019 14:21
Last Modified: 22 Jan 2019 16:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42007

Actions (login required)

View Item View Item