MOTIF PENGGUNAAN MEME DI MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Komparatif Kuantitatif Pada Kelompok Mahasiswa Ilmu Alam dan Mahasiswa Ilmu Sosial Universitas Andalas)

TAMI, JULIAN (2015) MOTIF PENGGUNAAN MEME DI MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Komparatif Kuantitatif Pada Kelompok Mahasiswa Ilmu Alam dan Mahasiswa Ilmu Sosial Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
1310.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh maraknya penggunaan meme di media sosial. Peneliti menemukan banyak di kalangan mahasiswa menggunakan meme yang berkaitan dengan bidang ilmu yang dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan meme di media sosial pada mahasiswa Universitas Andalas, khususnya studi komparatif pada kelompok mahasiswa ilmu alam dan mahasiswa ilmu sosial di Universitas Andalas. Jenis Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner, objek penelitian adalah 198 responden yang merupakan kelompok mahasiswa ilmu alam dan mahasiswa ilmu sosial yang pernah menggunakan meme di media sosial. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan memberikan beberapa kriteria. Teori Uses and Gratification digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Untuk melihat perbedaan motif penggunaan meme tersebut digunakan analisis uji beda T-test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan motif penggunaan meme di media sosial antara kelompok mahasiswa ilmu alam dengan mahasiswa ilmu sosial di Universitas Andalas. Motif yang mendominasi kedua kelompok tersebut adalah motif integrasi dan identitas sosial. Dengan penelitian ini peneliti mengharapkan agar pengguna meme dapat menggunakan meme dengan bijaksana dan diharapkan penelitian ini dapat memberikan pengetahuan serta berguna bagi penelitian selanjutnya. Kata Kunci : Motif, Meme, Media Sosial, Teori Uses and Gratification.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 29 Mar 2016 04:44
Last Modified: 31 Jul 2016 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item View Item