DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP KEUNTUNGAN DAN DAYA SAING JAGUNG (STUDI KASUS DI KECAMATAN TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN PROVINSI SUMATERA BARAT)

zul, fauzan (2018) DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP KEUNTUNGAN DAN DAYA SAING JAGUNG (STUDI KASUS DI KECAMATAN TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN PROVINSI SUMATERA BARAT). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img] Text (Thesis Fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keuntungan privat dan sosial usahatani jagung, daya saing jagung melalui keunggulan komparatif dan kompetitif serta dampak kebijakan pemerintah terhadap keuntungan dan daya saing komoditi jagung di Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survey yang menggunakan kuisioner dan wawancara. Metode penarikan sampel yaitu secara acak sederhana dengan penarikan sampel 40 reponden. Metode analisis data yang digunakan yaitu Policy Analysis Matrix (PAM) dan analisis sensitivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan komoditi jagung per ha per musim yang dilihat dari nilai keuntungan privatnya sebesar Rp. 6,937,437 dan nilai keuntungan sosial Rp 8,947,076, yang menunjukan bahwa usahatani jagung menguntungkan, selanjutnya komoditi jagung di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komperatif (PCR = 0.53 dan DRC = 0.47), adanya dampak kebijakan atas input, sehingga dapat mengurangi biaya usahatani (NPCI = 0,73). Namun, harga output yang diterima petani masih lebih rendah dari harga bayangannya (NPCO = 0,87). Kebijakan output tidak bisa melindungi petani lokal, dan kebijakan pada usahatani jagung ini berjalan tidak efektif (EPC = 0.88). Kata Kunci : Daya Saing, Keuntungan, Policy Analysis Matrix, Usahatani Jagung

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Rahmat Syahni Z, MS, MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 26 Oct 2018 16:48
Last Modified: 26 Oct 2018 16:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40403

Actions (login required)

View Item View Item