“PEREMPUAN MINANG, MARENDO BANANG:” STUDI TENTANG KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN RENDA DI PADANG TAROK, KECAMATAN BASO KABUPATEN AGAM ( 2001-2016 )

Mulia, Sari (2018) “PEREMPUAN MINANG, MARENDO BANANG:” STUDI TENTANG KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN RENDA DI PADANG TAROK, KECAMATAN BASO KABUPATEN AGAM ( 2001-2016 ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak+Cover)
Abstrak +cover.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang kehidupan sosial ekonomi perempuan yang bekerja sebagai seorang pengrajin renda bangku. Sebelum masuknya renda bangku ke Padang Tarok, pertanian merupakan salah satu sektor yang digeluti oleh masyarakat. Masyarakat Padang Tarok yang hidup dari hasil pertanian juga menggeluti pekerjaan sebagai pengrajin renda bangku. Permasalahan pokok yang kemudian muncul dari penelitian ini adalah mengapa perempuan Padang Tarok memilih menekuni industri renda bangku? Bagaimana dampak kerajinan renda terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Padang Tarok? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan tentang latar belakang perempuan menekuni pekerjaan sebagai pengrajin renda bangku serta melihat dampaknya terhadap kehidupan sosial ekonomi pengrajin renda bangku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yaitu: heuristik (pengumpulan sumber) terdiri dari sumber primer seperti foto, dan arsip. Sumber skunder terdiri dari beberapa buku pendukung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sumber tertulis dan sumber lisan yang didapatkan melalui wawancara orang-orang yang terlibat dalam usaha kerajinan renda. Metode selanjutnya yaitu kritik sumber yang berguna untuk mengetahui kebenaran dari sumber. Interpretasi yaitu penafsiran dari sumber yang telah didapatkan kemudian tahapan selanjutnya Historiografi (penulisan). Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil, pertama pekerjaan sebagai seorang pengrajin renda bangku sangat membantu perekonomian masyarakat Padang Tarok. Kedua, hasil dari sektor pertanian di daerah Padang Tarok tidak mencukupi dalam pemenuhan kebutuhan sehingga dibutuhkan pendapatan dari sektor lain. Maka dari itu kerajinan renda bangku menjadi alternatif pilihan bagi perempuan di Nagari Padang Tarok untuk menyokong perekonomian keluarga. kata kunci: renda bangku, perempuan,pengrajin, perekonomian

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Midawati, M.Hum
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 26 Oct 2018 11:30
Last Modified: 26 Oct 2018 11:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40353

Actions (login required)

View Item View Item