KARAKTERISTIK CAIRAN RUMEN (pH,NH3,VFA) SECARA IN VITRO DARI RANSUM DENGAN BEBERAPA RASIO JERAMI JAGUNG MANIS(Zea mays L.Saccharata) DAN DAUN GAMAL (Gliricidia sepium)

Devin, Rahmat (2018) KARAKTERISTIK CAIRAN RUMEN (pH,NH3,VFA) SECARA IN VITRO DARI RANSUM DENGAN BEBERAPA RASIO JERAMI JAGUNG MANIS(Zea mays L.Saccharata) DAN DAUN GAMAL (Gliricidia sepium). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB 1. (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
3. BAB 5 (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

KARAKTERISTIK CAIRAN RUMEN (pH, NH3, VFA) SECARA IN VITRO DARI RANSUM DENGAN BEBERAPA RASIO JERAMI JAGUNG MANIS (Zea mays L. Saccharata) DAN DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) Devin Rahmat1, dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS2, dan Prof. Dr. Ir. H. Novirman Jamarun, M.Sc2 1)Mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas, 2018 2)Dosen Bagian Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus Limau Manis Padang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasio terbaik dari beberapa rasio hijauan jerami jagung manis (Zea mays L. Saccharata) dan daun gamal (Gliricidia sepium) di dalam ransum ternak ruminansia ditinjau dari karakteristik cairan rumen (pH, NH3 dan VFA). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 kali pengambilan cairan rumen sebagai kelompok. Perlakuan yang digunakan adalah A (60% jerami jagung + 0% daun gamal + 40% konsentrat), B (50% jerami jagung + 10% daun gamal + 40% konsentrat), C (40% jerami jagung + 20% daun gamal + 40% konsentrat), D (30% jerami jagung + 30% daun gamal + 40% konsentrat). Parameter yang diukur adalah karakteristik cairan rumen (pH, NH3 dan VFA). Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan jerami jagung manis hingga 30%, daun gamal 30% dan konsentrat 40% pada ransum memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) meningkat terhadap kadar NH3 cairan rumen dan berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap nilai pH dan kadar VFA cairan rumen. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian jerami jagung manis hingga 30%, daun gamal 30% dan konsentrat 40% dapat digunakan di dalam ransum ruminansia ditinjau dari karakteristik cairan rumen yaitu derajat keasaman cairan rumen (pH) 6,91 yang cocok untuk pertumbuhan mikroba rumen, kadar NH3 cairan rumen 16,95 mg/100ml dan kadar VFA cairan rumen 115,00 mM. Kata Kunci: daun gamal, jerami jagung manis,karateristik cairan rumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 20 Oct 2018 14:26
Last Modified: 20 Oct 2018 14:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39781

Actions (login required)

View Item View Item