PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MEMINIMALISIR PERKAWINAN TIDAK TERCATAT (STUDI DI KUA KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG)

Ilham, Sanitrya (2018) PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MEMINIMALISIR PERKAWINAN TIDAK TERCATAT (STUDI DI KUA KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK COVER.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pencatatan Perkawinan bertujuan untuk merealisasikan amanat yang termaktub dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28B ayat (1) bahwa “Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah”. Dalam perkawinan perlu adanya pencatatan perkawinan agar setiap perkawinan dapat dicatatkan di administrasi negara guna mendapatkan kepastian hukum sehingga status perkawinan diakui sah secara hukum dan agama serta mendapatkan perlindungan bagi hak-hak sebagai warga negara. Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini yaitu apa saja peran Kantor Urusan Agama Dalam Meminimalisir Perkawinan Tidak Tercatat di Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, apa saja faktor penyebab terjadinya perkawinan tidakk tercatat di Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang dan upaya apa yang dapat dilakukan jika perkawinan tidak tercatat sudah terlanjur terjadi. Skripsi ini ditulis dengan menggunakan metode empiris sosiologis dengan melakukan penelitian pada pihak-pihak Kantor Urusan Agama dan pelaku perkawinan tidak tecatat. Adapun sumber data yang penulis gunakan yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh melalui studi dokumen atau dengan penelitian kepustakaan untuk menunjang penelitian. Sedangkan data primer dengan studi lapangan dengan teknik wawancara kepada narasumber ataupun informan yang berkaitan dengan objek penelitian. Data-data tersebut dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk depskriptif. Berdasarkan hasil peneitian dan pembahasan dapat disimpulkan pertama, Peran Kantor Urusan Agama di Kecamatan Lubuk Kilangan telah sesuai akan tetapi masih perlu ditingkatkan kedua Faktor perkawinan tidak tercatat di Kecamatan Lubuk Kilangan yaitu, faktor ekonomi, tingkat pendidikan, tidak memiliki kartu tanda kependudukan, indikasi hamil di luar nikah dan poligami menjadi faktor utama dalam permasalah dalam penulisan skripsi ini dan upaya yang dilakukan jika perkawinan tidak tercatat terlanjut terjadi yaitu melakukan pencatatan perkawinan dengan cara itsbat nikah di Pengadilan Agama KLS I A Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. H. Yaswirman, M.A
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 19 Oct 2018 16:50
Last Modified: 19 Oct 2018 16:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39602

Actions (login required)

View Item View Item