KAJI EKSPERIMENTAL RESPON GETARAN KEJUT STRUKTUR LANDING GEAR PESAWAT TANPA AWAK MENGGUNAKAN PEGAS NON-LINEAR

Ridho, Ilahi (2018) KAJI EKSPERIMENTAL RESPON GETARAN KEJUT STRUKTUR LANDING GEAR PESAWAT TANPA AWAK MENGGUNAKAN PEGAS NON-LINEAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COver dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. Penutup.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
5. Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada tugas akhir ini dilakukan kaji eksperimental respon getaran kejut sistem getaran nonlinear. Karakteristik nonlinear pada sistem getaran diperoleh dengan menggunakan pegas nonlinear quasi zero stiffness (QZS). Pegas QZS yang digunakan pada tugas akhir ini mempunyai harga kekakuan yang mendekati nol di daerah keseimbangan statiknya. Dengan harga kekakuan yang rendah pada kondisi keseimbangan statik dihasilkan gaya transmisi yang rendah pada saat sistem mengalami beban kejut. Karakteristik pegas nonlinear QZS diperoleh menggunakan balok yang ditumpu sederhana dan diberikan pembebanan awal searah sumbu balok. Selanjutnya balok diberikan beban arah vertikal pada posisi tengah balok. Hubungan antara gaya dengan perpindahan akibat gaya vertikal ini selanjutnya digunakan untuk mendapatkan harga kekakuan nonlinear pada balok. Dalam hal ini, harga kekakuan balok dihitung secara numerik menggunakan in-house FEM software. Pengujian beban kejut dilakukan menggunakan mekanisme balok engsel yang dipasangkan massa terpusat pada ujung bebasnya. Beban kejut diterapkan dengan cara meberikan tinggi jatuh awal pada massa. Respon getaran kejut yang dialami massa diperoleh dari data percepatan pada massa yang diukur dengan menggunakan sensor accelerometer. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa percepatan maksimum yang diperoleh menggunakan pegas QZS lebih kecil dibandingkan percepatan yang diperoleh menggunakan pegas linear. Kata kunci : transmisi, pegas non-linear, quasi zero stiffness (QZS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. LOVELY SON
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 19 Oct 2018 15:10
Last Modified: 19 Oct 2018 15:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39565

Actions (login required)

View Item View Item