Study Pengaruh Parameter Proses Pemesinan Terhadap Machineability Baja ST37 Menggunakan Defrom 3D

imamil, qisthi (2018) Study Pengaruh Parameter Proses Pemesinan Terhadap Machineability Baja ST37 Menggunakan Defrom 3D. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
9. bab 1.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
17. bab5.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
18. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir ilmiah utuh)
study pengaruh parameter proses pemesinan terhadap machineability baja st37 menggunakan deform 3d.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Proses pemesinan merupakan proses yang paling banyak dilakukan dalam pembuatan komponen mesin terutama yang terbuat dari logam. Baja ST37 banyak dipakai dalam bidang produksi dan kontruksi karena kekuatannya dan bobotnya yang ringan. Kecepatan pemotongan (cutting speed), gerak makan (feed rate), dan kedalaman pemotongan (depth of cut) merupakan parameter yang sangat berpengaruh terhadap besarnya gaya potong dan temperatur pemotongan. Dalam penelitian ini besarnya gaya potong dan temperatur pemotongan didapatkan melalui simulasi menggunakan software Deform 3D. Simulasi digunakan untuk melihat kecenderungan perubahan gaya potong dan temperatur pemotongan pada proses bubut akibat pengaruh perubahan parameter pemesinan. Hasil menunjukan bahwa gaya potong meningkat dengan bertambahnya gerak makan dan kedalaman potong, sementara kecepatan potong tidak menunjukan peningkatan linear terhadap gaya pemotongan. Temperatur pemotongan meningkat dengan bertambahnya kecepatan potong, gerak makan dan kedalaman potong. Berdasarkan analisa ANOVA, setiap parameter pemesinan memiliki kontribusi pengaruh terhadap besarnya gaya potong dengan urutan mulai yang punya kontribusi paling tinggi adalah, gerak makan, kedalaman potong dan kemudian kecepatan potong. Sementara itu untuk temperatur pemotongan diperoleh pengaruh parameter pemotongan yang punya kontribusi pengaruh paling tinggi adalah kedalaman potong, gerak makan dan kemudian kecepatan potong. Kata kunci : Baja ST37, gaya potong, temperatur pemotongan, parameter pemesinan, simulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hendri Yanda, Ph.D
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 19 Oct 2018 15:43
Last Modified: 19 Oct 2018 15:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39433

Actions (login required)

View Item View Item