ANALISA PERFORMANSI SISTEM KENDALI AUTOMATIC VOLTAGE REGULATOR (AVR) MENGGUNAKAN METODA ZIEGLER-NICHOLS DENGAN PENDEKATAN EMPIRIS

Abdul, Gafur (2018) ANALISA PERFORMANSI SISTEM KENDALI AUTOMATIC VOLTAGE REGULATOR (AVR) MENGGUNAKAN METODA ZIEGLER-NICHOLS DENGAN PENDEKATAN EMPIRIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustakaa.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sistem pengontrolan modern, eksitasi sangatlah penting dalam mengendalikan kestabilan suatu pembangkit, hal ini dikarenakan apabila terjadi perbedaan pada beban maka eksitasi sebagai pengendali memiliki fungsi mengontrol tegangan keluaran generator dengan cara mengatur kembali besaran-besaran input yang berguna untuk mencapai kestabilan suatu sistem yang diinginkan. Pengatur arus eksitasi secara otomatis tersebut dilakukan menggunakan AVR Tugas Akhir ini menjelaskan tentang analisa performansi tanggapan tegangan sistem AVR (Automatic Voltage Regulator) tipe arus searah menggunakan metoda ziegler-nichols dengan pendekatan empiris terhadap perubahan parameter dan juga perbandingan antara analisa sistem tanpa pengendali, dengan yang telah diberikan pengendali Proporsional-Integral-Diferensial (PID). Perubahan parameter pada sistem AVR akan mempengaruhi performansi tanggapan tegangan sistem AVR tanggapan waktu dan tanggapan frekuensi baik performansi dalam domain waktu maupun performansi dalam domain frekuensi. Dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Matlab dilakukan analisa performansi tanggapan tegangan sistem AVR dalam domain waktu dan domain frekuensi. Untuk performansi dalam domain waktu terdiri dari analisa kesalahan dan analisa peralihan sedangkan untuk performansi dalam domain frekuensi terdiri dari performansi lingkar terbuka dan performansi lingkar tertutup. Dengan ditentukan nilai dari kriteria perancangan menggunakan pengendali Proposional-Integral-Deferensial (PID) sehingga kita mengetahui informasi yang akurat tentang pengendali yang paling baik digunakan untuk sistem kendali AVR Tipe arus searah. Untuk analisa performansi sistem AVR sebelum menggunakan metoda ziegler-nichols di dapatkan nilai Kp = 1, Ki = 0, Kd = 0. Sedangkan analisa performansi sistem AVR setelah menggunakan metoda ziegler-nichols di dapatkan nilai Kp = 0,60, Ki = 0,67, Kd = 0,13. Kata Kunci : Sistem Kendali AVR, Metoda Ziegler-Nichols, Domain Waktu, Domain Frekuensi, Pengendali Proporsional-Integral- Diferensial (PID).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: HERU DIBYO LAKSONO, M.T.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 19 Oct 2018 10:06
Last Modified: 19 Oct 2018 10:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39386

Actions (login required)

View Item View Item