Makna Puisi dalam Antologi Badrul Mustafa Badrul Mustafa Badrul Mustafa Karya Heru Joni Putra, Tinjauan Semiotik Riffaterre

Andesta, Herli Wijaya (2018) Makna Puisi dalam Antologi Badrul Mustafa Badrul Mustafa Badrul Mustafa Karya Heru Joni Putra, Tinjauan Semiotik Riffaterre. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
Sampul dan Abstrak Upload.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I Upload.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV Upload.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Upload.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Full Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Andesta Herli Wijaya, 1210722035. Makna Puisi dalam Antologi Badrul Mustafa Badrul Mustafa Badrul Mustafa Karya Heru Joni Putra, Tinjauan Semiotik Riffaterre. Skripsi. Padang. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. 2018. Pembimbing I: Dr. Syafril, M.Si. Pembimbing II: Dr. Zurmailis, M.A. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan makna lima puisi yang terdapat dalam antologi Badrul Mustafa Badrul Mustafa Badrul Mustafa karya Heru Joni Putra. Puisi yang dianalisis yaitu Katak di Atas Tempurung, Jenggot Haji Agus Salim, Balada Tunggul Kayu, Tak Ada Rimba Kota pun Jadi, dan Menumbangkan Pohon Beringin. Analisis makna dalam penelitian ini menggunakan teori dan kerangka analisis semiotik Riffaterre yang terdiri dari dua tahapan analisisis yaitu heuristik dan hermeneutik. Analisis pertama dilakukan untuk memahami puisi secara gramatikal dan analisis yang kedua untuk mamahami makna puisi secara semiotik. Sedangkan dalam hal metode, penelitian ini mengaplikasikan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan tahap-tahap yang terdiri dari tahap pengumpulan data, tahap analisis data dan tahap penyajian analisis. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa lima puisi sampel penelitian ini merupakan teks-teks yang merepresentasikan sekaligus merespon secara kritis sifat atau perilaku manusia dalam relasinya dengan realitas sosial. Representasi dan respon kritis tersebut dikonkretkan dalam wujud kritik, pembantahan atau lelucon. Untuk menyampaikan respon kritis atas tema tersebut, puisi-puisi sampel ini menghadirkan representasi manusia yang beragam namun selalu memakai nama Badrul Mustafa, yang mengindikasikan bahwa nama tersebut merupakan subjek multi-identitas atau subjek tak-terbatas. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan adanya hubungan interertekstualitas puisi dengan teks-teks di luar puisi berupa pepatah, doktrin filsafat, karya sastra dan pesan kebaikan dalam agama Islam. Kata kunci: makna, puisi, Badrul Mustafa Badrul Mustafa Badrul Mustafa, Heru Joni Putra semiotik Riffaterre, heuristik, hermeneutik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafril, M.Si.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 19 Oct 2018 16:24
Last Modified: 19 Oct 2018 16:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39168

Actions (login required)

View Item View Item